Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab bagi Mahasiswa Lulusan SMA & SMK di Prodi PBA FAI Unismuh Makassar

Authors

  • Nurul Yushifa S Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulaeman Masnan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Ibrahim Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i6.1685

Keywords:

Kesulitan Belajar Bahasa Arab, Mahasiswa Lulusan SMA & SMK

Abstract

Analisis kesulitan belajar bahasa arab bagi mahasiswa lulusan SMA & SMK prodi PBA FAI UNISMUH”. Dibimbing oleh Sulaeman Masnan dan Muhammad Ibrahim. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar bahasa arab bagi mahasiswa lulusan SMA & SMK di prodi PBA FAI UNISMUH permasalahan: 1) Apakah faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Bahasa Arab bagi lulusan SMA & SMK di prodi PBA FAI UNISMUH? 2) Bagaimanakah upaya mahasiswa lulusan SMA & SMK dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab di prodi PBA FAI UNISMUH? Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu penelitian kualitatif menggunakan analisis secara induktif, proses pengumpulan data deskriptif berupa kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa PBA angkatan 2019 & angkatan 2020 FAI UNISMUH. Adapun teknik pengumpulan data teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis kesulitan belajar bahasa Arab bagi mahasiswa lulusan SMA & SMK penulis mencantumkan nilai IPK yang dimiliki mahasiswa, hal tersebut dapat diketahui, bukan berarti mahasiswa yang lulusan sekolah umum bisa dikatakan kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab. Meskipun mahasiswa lulusan SMA & SMK kurang pengetahuan dan dasar-dasar tentang Bahasa Arab. Akan tetapi, mereka bisa menyeimbangkan nilai IPK dengan mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemah. 2018. Jakarta; PT Suara Agung.

Arikunto, Suharmisi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Agama RI. 2006. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Dirjen Pendidikan Islam.

Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Harianto, Eko dan Pinton Setya Mustafa. 2020. Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Hasibuan, Irwitadia. 2015. “Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Peluang, Vol 4. No 1.

Hasibuan, Irwitadia. 2015. “Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Peluang, Vol 4. No 1.

https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa#.

Indraswuri, Ines Desti. 2015. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah Unit Pelaksana Teknis Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar UPT (UPT TK Dan SD) Kecamatan Kebonagung”. Journal Speed – Sentra Penelitian Enginering dan Edukasi, Vol 7. No 3.

Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. 2011. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogjakarta: Diva Press

Mustika, Eka. 2015. “Kesulitan Belajar Bercakap Bahasa Arab Peserta Didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Pinrang” (Skripsi Sarjana: Jurusan Tarbiyah dan Adab: STAIN Parepare.

Nata, Abudin. Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia.

Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta, Teras.

Standar Kemenag RI. Mushaf dan Terjemah Tajwid Warna. Jawa Tengah: Darul Sunnah

Yendra. 2016. Mengenal Ilmu Bahasa (linguistic). Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Yushifa S, N., Masnan, S., & Ibrahim, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab bagi Mahasiswa Lulusan SMA & SMK di Prodi PBA FAI Unismuh Makassar. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 2615–2625. https://doi.org/10.56799/jim.v2i6.1685

Issue

Section

Articles