Optimalisasi Pelayanan Kartu Identitas Anak Melalui Klampid New Generation Di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya

Authors

  • Wahyu Arpa Ramayanti Universitas 17 Agustus 1945
  • Yusuf Hariyoko Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i8.1937

Keywords:

Klampid New Generation, Pelayanan Public, Optimalisasi, Efektif, Efesien

Abstract

Pelayanan publik yang dirancang untuk menjamin kesejahteraan rakyat. Pemkot Surabaya melakukan terobosan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan aplikasi Klampid new Generasi  untuk mempermudah dan menstandarkan segala aspek pengelolaan kependudukan bagi masyarakat Surabaya. Dengan  aplikasi Klampid new Generasi, dimungkinkan untuk memperkenalkan layanan publik ke sektor layanan publik dari satu pintu. Oleh karena itu, tujuan dari karya ini adalah untuk mendeskripsikan optimalisasi administrasi publik di bidang pelayanan publik dengan menggunakan aplikasi Klampid New Generasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Terkait keberadaan aplikasi KNG menunjukkan optimalisasi pelayanan pemerintah mendapat tanggapan yang  baik dari masyarakat, apalagi  saat ini Pemkot Surabaya sedang gencar melaksanakan program Kalimasada untuk mewujudkan lingkungan masyarakat yang sadar akan pentingnya tentang pemutakhiran dokumen administrasi. Aplikasi Klamnpid Generasi Baru diharapkan dapat membantu pengelolaan administrasi secara lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gultom, F., Sri, X., Sosiologi, S., & Sosial, J. I. (2022). Adopsi Inovasi Klampid New Generation Pada Masyarakat Karah. 137–147.

Mita, O. (2022). Proses Pelayanan Pengambilan E-Ktp Di Kelurahan Medokan Semampir. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 33(1), 1–12.

Setiyowati, T. T., & Indartuti, E. (2022). Efektivitas Program Kalimasada Di Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(06), 116–120. https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/602

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Ramayanti, W. A., & Hariyoko, Y. (2023). Optimalisasi Pelayanan Kartu Identitas Anak Melalui Klampid New Generation Di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8), 3620–3625. https://doi.org/10.56799/jim.v2i8.1937

Issue

Section

Articles