Pendidikan Karakter Relawan Bali Mengajar pada Anak Gepeng di Rumah Singgah YKPA, Kubu Anyar, Kuta

Authors

  • Patricia Novalian Arya Astar Universitas Udayana
  • I Wayan Suwena Universitas Udayana
  • Ni Made Wiasti Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i9.2010

Keywords:

Pendidikan Karakter, Relawan Bali Mengajar, Anak Gepeng, Rumah Singgah

Abstract

Pada kenyataannya masih banyak anak yang belum mendapat kesetaraan pendidikan di Indonesia. Faktor ekonomi adalah salah satu alasan mengapa anak tidak mendapatkan pendidikan yang sama terutama anak gepeng. Maka dari itu Relawan Bali Mengajar (RBM) hadir untuk memberikan pendidikan formal dan pendidikan karakter melalui Rumah Singgah YKPA, Kubu Anyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan dua teori, yaitu teori belajar psikologis humanistis dan teori interaksionisme simboki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak gepeng memiliki karakter yang keras karena terbiasa hidup di jalanan dan lingkungan yang sangat berpengaruh. Dalam pendidikan karakter, para relawan memfokuskan pad aetika sopan santun terutama penggunaan kata maaf, terima kasih, dan tolong. Pengajaran formal yang diberikan ialah baca, tulis, hitung, dan bahasa Inggris. Penerapan pendidikan karakter disini terbilang berhasil karena merubah anak gepeng menjadi lebih baik, namun untuk keinginan melanjutkan pendidikan masih belum maksimal karena anak gepeng memilih mencari uang dibanding pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Awde, Nadine. (2009). The Influence of Cultural Values on The Parent-Child Interaction Patterns Of Familief From An Asian Background. Arecls, VI (2): 1-17.

Ball, Jessica. (2010). Encyclopedia on Early Childhood Development. Montreal: Centre of Excellence for Early Childhood Development.

Bogdan & Taylor. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Koentjaraningrat. (1990). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Djambata.

Koesoema, Doni. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Moleong, Lexy J. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nast, T. P. J., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2 (2), 270-275.

Nofi. (2016). Pola Asuh Orang Tua Gepeng (Gelandangan dan Pengemis) Di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya Dan Laras Yogyakarta. Skripsi Program Sarjana (S1). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Poloma, Margaret M. (1984). Sosiologi Kontemporer. Jakarta: CV. Rajawali.

Spradley, James. (1997). Metode Etnografi (Cetakan Pertama). Yogyakarta: Tiar Wancana.

West, Richard, Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Patricia Novalian Arya Astar, I Wayan Suwena, & Ni Made Wiasti. (2023). Pendidikan Karakter Relawan Bali Mengajar pada Anak Gepeng di Rumah Singgah YKPA, Kubu Anyar, Kuta. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4191–4196. https://doi.org/10.56799/jim.v2i9.2010

Issue

Section

Articles