Analisis Potensi Bahaya dan Risiko Kecelakaan Kerja dengan Metode JSA dan Hira pada Akbar Metatama

Authors

  • Erwin Noer Wahyu Murti Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ayudyah Eka Apsari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i9.2022

Keywords:

Keselamatan Kerja, K3, Job Safety Analysis, Hazard Identification, Risk Assesment

Abstract

CV AKBAR METATAMA merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengecoran logam. Industri pengecoran indonesia cukup besar sehingga banyak berdiri industri sejenis, dengan banyaknya pertumbuhan tersebut memiliki dampak negatif seperti banyak perusahaan yang belum mengoptimalkan aspek keselamatan kerja. Diharapakan penelitian ini dapat membantu menurunkan potensi bahaya yang terjadi pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan dua metode untuk mengoptimalkan hasil akhir. Metode Hazard Identification and Risk Assessment(HIRA). Penggunaannya dilakukan karena metode ini lebih teliti dalam mengidentifikasi dan menganalisis risiko dengan melakukan penilaian berdasarkan tingkat keparahan dan kemungkinan bahaya yang dapat terjadi selama proses pengecoran. Dibantu metode Job Safety Analysis(JSA) untuk memberikan rekomendasi atau tindakan yang dilakukan untuk mengurangi risiko yang telah diidentifikasi. Penggunakan metode HIRA diperoleh nilai risiko kecelakaan dengan kategori high risk sebesar 52,17%, moderate risk sebesar 39,13%, dan low risk sebesar 8,69%. Untuk metode Job Safety Analysis diperoleh hasil pengujian terjadinya kecelakaan kerja karena kurangnya tingkat keselamatan dan pemakaian APD oleh kerja dari para pekerja yang berada di bagian pengecoran. Pengendalian potensi bahaya dapat dilakukan dengan melakukan pengadaan APD yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, serta melakukan pelatihan kerja serta edukasi keselamatan kerja pada pekerja yang bertujuan untuk membuat pekerja memahami dari bahaya apa saja yang dapat terjadi saat melakukan pekerjaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

AS/NZS. (2004). 3rd Edition The Australian and New Zealand Standard of Risk. Australia.

Elphiana, E. G., Diah, Y. M., & Zen, M. K. (2017). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Laryawan PT. PERTAMINA EP 2 Prabumulih. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 105.

Fathimahhayati, L. D., Wardana, M. R., & Gumilar, N. A. (2019). Analisis Risiko K3 Dengan Metode Hirarc Pada Industri Tahu Dan Tempe Kelurahan Selili. Jurnal Rekavasi, 62-70.

Firdaus, A., & Yuamita, F. (2022). Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Pada Proses Grading Tbs Kelapa Sawit Di PT. Sawindo Kencana Menggunakan Metode Job Safety Analysis(JSA). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 155-162.

Herlina, L., Dewantari, N. M., Sonda, A., & Mulyana, M. R. (2022). Hazard identification in fabrication industry using Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) and Job Safety Analysis (JSA). Journal Industrial Servicess, 170-175.

Mulyojati, P. A., & Yuamita, F. (2023). Analisis Potensi Bahaya Kerja Pada Proses Pencetakan Pengecoran Logam Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 90-97.

Ramadhan, G. G., & Lukmandono. (2023). Analisis Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Proses Produksi Kemasan Pasta Gigi (Tube) dengan Metode Hazzard and Risk Assegment (HIRA) dan Metode Job Safety Analysis (JSA). In Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan (Vol. 3).

Suma'mur, P. K. (1989). Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Widodo, L. (2022, Agustus 18). Industri Logam Tumbuh Melesat pada Triwulan II-2022. Retrieved April 10, 2023, from https://kemenperin.go.id/artikel/23469/Industri-Logam-Tumbuh-Melesat-pada-Triwulan-II-2022

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Erwin Noer Wahyu Murti, & Eka Apsari, A. (2023). Analisis Potensi Bahaya dan Risiko Kecelakaan Kerja dengan Metode JSA dan Hira pada Akbar Metatama. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4180–4190. https://doi.org/10.56799/jim.v2i9.2022

Issue

Section

Articles