Penyuluhan Cara Meneliti dan Menulis Hasil Penelitian Bidang Matematika Bagi Guru-Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Banyumas

Authors

  • Agung Prabowo
  • Agus Sugandha
  • Mashuri Mashuri
  • Suroto Suroto
  • Sehah Sehah
  • Bambang Hendriya Guswantoro

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i9.2119

Abstract

Kemampuan meneliti perlu dibudayakan pada komunitas pendidik karena tuntutan jaman adalah seorang pendidik (guru, widya-iswara, dosen) adalah sekaligus peneliti. Peningkatan kualitas profil riset para guru dilakukan salah satunya dengan menggunakan riset literatur. Riset literatur dijalankan dengan studi pustaka terbaru, khususnya kajian terhadap artikel-artikel yang terbit pada jurnal atau prosiding seminar nasional atau internasional dalam lima tahun terakhir. Hasil dari riset literatur adalah diperolehnya pengetahuan yang lebih baru sebagai bentuk kontribusi periset dalam bidangnya. Untuk menanamkan kemampuan melakukan riset, dapat didahului dengan pemberian materi tentang bagaimana melakukan riset literatur, menulis hasil risetnya sendiri dan mempublikasikan hasil risetnya. Tujuan pengabdian ini adalah (1) memberdayakan peserta pengabdian sehingga memiliki pengetahuan tentang melakukan riset literatur, (2) mengenalkan strategi menulis artikel ilmiah hasil riset literatur yang dilakukan sendiri oleh mitra guru, dan (3) mengenalkan cara melakukan publikasi artikel ilmiah pada jurnal ber-ISSN. Untuk mengukur keberhasilan penelitian ini diberikan kuesioner. Dari jawaban yang terkumpul 82% audiens menjawab dengan bernar. Jawaban yang benar tidak tunggal karena terdapat langkah-langkah yang bisa dipertukarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cendra, R., Gazali, N., Apriani, L., dan Amin, A.A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Publikasi Karya Ilmiah bagi Guru SMP Negeri 4 Tapung Hilir. Community Education Engagement Journal, 2(1): 1-17.

Prabowo, A. (2011). Mengenalkan Matematika Melalui Pengamatan Alam Semesta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP SILIWANGI 2011, 1(1): 87-98

Prabowo, A., Sugiyanto, Pratikno, B., & Mashuri. (2022). Sosialisasi Mendisain dan Mengerjakan Riset Sederhana Didukung dengan Pengolahan Data Menggunakan SPSS. Serambi Abdimas, 3(1): 111-118.

Rube’i, M., Firmansyah. S., dan Moad. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru-Guru Skolah Dasar Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2): 112-123.

Syahri, J., Hilma, R., Nasution, H., Prasetya, Syafri, R., Siregar, S.H., dan Nurlaili. (2018). Pelatihan Pembuatan Publikasi Ilmiah Guru-Guru SMA N 2 Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 2(1): 43-49.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Agung Prabowo, Agus Sugandha, Mashuri, M., Suroto, S., Sehah, S., & Bambang Hendriya Guswantoro. (2023). Penyuluhan Cara Meneliti dan Menulis Hasil Penelitian Bidang Matematika Bagi Guru-Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Banyumas. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4100–4106. https://doi.org/10.56799/jim.v2i9.2119

Issue

Section

Articles