Asuhan Kebidanan Continuity of Care Pada Ny. L Usia 26 Tahun di PMB Emi Narimawati Pleret Bantul

Authors

  • Putri Nur Safitri Poltekkes Ummi Khasanah Yogyakarta
  • Erin Rizkiana Poltekkes Ummi Khasanah Yogyakarta
  • Silvia Rizki Syah Putri Poltekkes Ummi Khasanah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i10.2288

Keywords:

COC, Kehamilan, Persalinan, Nifas, BBL

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu target global Sustainable Development Goals (SDGs) dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) menjadi 70 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2030. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul tahun 2021 Angka Kematian Ibu mencapai 39 kasus. Sedangkan Angka Kematian Bayi (AKB) sebanyak 68 kasus. Upaya menurunkan AKI dan AKB yaitu dengan mendorong setiap persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih. Tidak lepas memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkesinambungan (Continuity Of Care) mulai dari hamil, bersalin, nifas, neonatus. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan asuhan kebidanan secara Continuity Of Care pada ibu hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, dan pelayanan keluarga berencana dengan menggunakan pendekatan dalam bentuk SOAP. Metode penelitian ini yaitu deskripsi dengan bentuk penelitian studi kasus (case study). Subyek asuhan komprehensif adalah Ny. L usia 26 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, pemeriksaan, buku KIA, rekam medik, buku register PMB. Hasil dari asuhan komprehensif pada Ny. L selama kehamilan trimester III dengan hamil normal, pada persalinan secara spontan dan tidak ada penyulit, pada masa nifas dengan nifas normal, pada BBL dengan BBL normal. Kesimpulan pada asuhan komprehensif ini adalah normal atau fisiologis. Namun, masih terdapat kesenjangan antara teori dengan praktik di lahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ersila W, Z. N. (2019). Pemenuhan Kebutuhan Dasar Ibu Hamil Melalui "Pepes" (Penyuluhan, Pemeriksaan, Dan Senam). Pekalongan.

Jateng. (2018). Provil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. Semarang.

KK, I. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Munthe J, A. K. (2019). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Berkesinambungan (Continuity Of Care). Jakarta: Trans Info Media.

Sulisdan, M. E. (2019). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Persalinan Dan Bayi Baru Lahir. Surakarta: CV Oase Grup.

Susanti I, L. N. (2016). Hubungan Umur Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Pekauman Banjarmasin.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Nur Safitri, P., Rizkiana, E., & Rizki Syah Putri, S. (2023). Asuhan Kebidanan Continuity of Care Pada Ny. L Usia 26 Tahun di PMB Emi Narimawati Pleret Bantul. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(10), 5029–5041. https://doi.org/10.56799/jim.v2i10.2288

Issue

Section

Articles