Transaksi Online di Kalangan Mahasisawa Kajian Teori Pertukaran Sosial (Social Eschange Teory) Oleh George Homans

Authors

  • Cindi Riski Febrianti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Ramadhanita Mustika Sari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i10.2295

Keywords:

Tansaksi, Online, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui perilaku sosial mahasiswa dalam belanja online berdasarkan teori pertukaran sosial  yaitu  social eschange theory dari George Homans. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek survey adalah mahasiswa yang mengelola dan mahasiswa yang belanja di online shop. Semua mahasiswa dalam penelitian ini adalah wanita. Hal ini karena peneliti meyakini bahwa wanita lebih tertarik dan lebih banyak berpartisipasi dalam belanja online, terutama untuk barang yang biasa dijual atau dipasarkan, seperti: baju, sepatu, tas, kosmetik dan peralatan  rumah  tangga yang memenuhi keperluan dasar wanita. Teori utama yang digunakan dalam penelitian adalah teori pertukaran sosial dari George Homans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori pertukaran sosial George Homan dapat digunakan untuk mengidentifikasi bentuk perilaku sosial pada mahasiswa yang terlibat dalam aktivitas belanja online. Teori ini meliputi proposisi keberhasilan, tindakan, dan nilai, kebosanan, rasionalitas, dan persetujuan. Dari proposisi tersebut menerangkan bahwa setiap orang ingin bertindak agar dihargai atau dihormati atas perbuatannya. Mahasiswa yang terlibat dalam aktivitas belanja online diketahui bertindak berdasarkan harga atau keuntungan yang mereka terima dari aktivitas mereka. Bentuk percakapan pada media sosial dalam kegiatan transaksi online adalah untuk menjaga mutu dan harga barang, dan penjual harus dapat memberikan pelayanan yang ramah, bersahabat dan menarik kepada pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, I. 2013, Teori Pertukaran George Homans. Diakses data pada tanggal 25 Mei 2023. Dari http://indraachmadi.blogspot.com/2013/04/teori-pertukaran-george-caspar- homans.html

Baran, S.J. & Davis, D. K. 2009. Mass Communication Theory Foundation, Ferment and Future.

I.P., Baktiono R. A. dan Artaya. 2016. “Memilih Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online Melalui Pendekatan Uji Categorical.” E-Jurnal: Manajemen Kinerja2(2).

Kusumawati, Attin. 2009. “Eksistensi Bisnis Online Menggunakan Analisa Teori Penggunaan Dan Kepuasan.” Artikel: Kompasiana.

Kurniawan, Achmad Wildan. 2015. “Wibowo, Arie Mukti. Makna Bisnis Online Bagi Pengusaha Muda.” Jurnal Komunikasi.1(2).

Pratiwi, S.A. 2012, Perilaku Sosial. Diakses data pada tanggal 25 Mei 2023. Dari http://sekaragengpratiwi.wordpress. com/2012/02/02/perilaku-sosial.

Puspitarini, DS. Nuraeni, Reni. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House).” 3(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zamroni, D.R. (1992), Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Febrianti, C. R., & Sari, R. M. (2023). Transaksi Online di Kalangan Mahasisawa Kajian Teori Pertukaran Sosial (Social Eschange Teory) Oleh George Homans. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(10), 5042–5047. https://doi.org/10.56799/jim.v2i10.2295

Issue

Section

Articles