Analisis Strategi Pemasaran Produk Slice Waxed Di Pt Habe Dengan Menggunakan Metode Swot Dan Quantitative Strategi Planing Matrix (Qspm)

Authors

  • Masri Mangamis Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Andung Jati Nugroho Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i12.2407

Abstract

PT.HABE adalah perusahaan dagang dan eksportir produk-produk handycraft berkualitas serta bernilai seni, dengan material utama kayu jati. PT Habe harus mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi persaingan, yang akan sangat membantu dalam mendefinisikan diri, serta memanfaatkan semua peluang. strategi pemasaran adalah upaya untuk menemukan pemasaran yang menguntungkan. posisi dalam sebuah perusahaan. Permasalahan yang didapat adalah data penjualan yang menurun dikarnakan kuranya inovasi desain atau ukiran produk sehingga membuat konsumen bosan dengan produk yang diproduksi. menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau strategi terbaik bagi PT Habe menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor yang dimiliki sebesar 3,43, sedangkan analisis matrix EFE sebesar 2,10. Hasil matrix IE berada pada sel IV yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel IV terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matrik SWOT menghasilkan 5 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh PT Habe. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah menciptakan produk dengan bentuk dan ukiran yang baru dalam hal ini PT Habe menciptakan berbagai jenis ukiran pada produk-produknya seperti produk yang bermotif alam yang mengambarkan motif bunga-bunga,pohon,hewan dan lain sebagainya diperoleh nilai TAS sejumlah 7,18

Kata Kunci : Matrix IE, Matrix IFE EFE, Matrix QSPM, Matrix SWOT, Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, J., M. Qutubi. Maghfiroh. N.,M. 2022. Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Untuk Meningkatkan Penjualan Beras.Jurnal Tentang Strategi Pemasaran 8 (1): 61-67.

Fajri, M. Hapini. Mutia, M. 2022. Strategi Pengembangan Home Industri Dengan Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM Studi Kasus Industri Sepatu, Sandal Etnik dan Kulit di CV De Allova Nusantara Hs. Jurnal Ilmiah Teknik Manajemen Industri 2 (2):185-196.

Adha, Lailatul Amalia May. “Penerapan Anlisis SWOT Dalam Meningkatkan Keunggalan Strategi Bersaing”. Skripsi, Univesitas Brawijaya. 2021.

Sabirin, Istiqomah. “Strategi Pengembangan Agro Industri Kerupuk Cumi Rumput Laut Khansa Gaza Makasar”. Skripsi, Politeknik Negri Pangka Jene Kepulauan. 2019.

Ulfa, Udina Agfin. “Analisis Marketing Syariah dan SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Pada PT Multi Istana Batara Ponorogo”. Skripsi, Institut Agama Islam Negri Ponorogo. 2020.

Utomo, Pamungkas Endro. “Formulasi Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT”. Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 2010.

Riski, M Ihsanul. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Metode Quantitative Strategic Planing Matriks (QSPM)”. Skripsi, Sekolah Tinggi Teknologi Indutri Padang. 2019.

Budiman, Fani Setyawan. “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planing Mtriks (QSPM) di UKM Your Best Beauty Care”.Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia.2022.

Siregar, Mastoani. “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan Quantitative Strategic Planing Matriks (QSPM)”. Tugas Akhir. UIN Suka Riau.2020.

Nugroho, Aris. “Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planing Matriks (QSPM)”. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2016.

Aziz, N., T. Rizal, M. Arifianti, R. Husna, A. 2021. Strategi Marketing Pada CV Kembar Jaya Kreatif Dengan Memanfaatkan Analisis SWOT Serta QSPM. Jurnal Administrasi dan Pemasaran 4 (2): 128-133.

Wahyudi, R. Purnomo. 2020 Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Pada PT Sentral Perkasa Jaya. Jurnal Knowledge Industrial Enginering 7 (1): 19-29.

Fuad, N. M. Praptono. Budi.Tri Piawan. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Pada CV Madera Art Dengan Menggunakan Metode QSPM. Jurnal Tentang Strategi Marketing 6 (2): 6179-6182.

Sabri, Nurul Ahmad. 2020. Rumusan Strategi Pemasaran Dalam Penjualan Produk Dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitave Strategic Planing Matriks) Studi Kasus CV Bimanda Elektronik Pekan Baru. Jurnal Strategi Pemasran Dan Penjualan 7 (1): 118-129.

Purba, R., E. Kusumando, E. 2008. Analisi Strategi Pemasaran Dngan Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planing Matriks) Di Nimco Indonesia. Jurnal Tentang Pemasaran. 1-15.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Masri Mangamis, & Andung Jati Nugroho. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Slice Waxed Di Pt Habe Dengan Menggunakan Metode Swot Dan Quantitative Strategi Planing Matrix (Qspm). ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5652–5676. https://doi.org/10.56799/jim.v2i12.2407

Issue

Section

Articles