Analisis Pengembangan Bumdes Melalui Ekowisata dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Authors

  • Praba Baskara Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Imsar Imsar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i1.2530

Keywords:

BUMDes, Ekowisata, Ekonomi Desa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengembangan Bumdes Melalui Ekowisata Dengan Metode Analytichal Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Pada Bumdes Desa Punden Rejo, Kec. Tanjung Morawa, Kab.Deli Serdang). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang merupakan penelitian yang menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah dari pada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi. BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa merupakan suatu lembaga/badan perekonomian desa yang berbadan hukum dibentuk dan dimilik oleh pemerintah desa, dikelola secara ekonomis mandiri dan professional. Berdasarkan hasil analisis prioritas kebijakan dalam Pengembangan BUMDes Melalui Ekowisata Punden Rejo. Bahwasannya, Strategi Pemasaran yang berkualitas sebagai kriteria pertama dan dapat dikatakan sebagai strategi utama dalam pengembangan BUMDes Melalui Ekowisata Punden Rejo, kemudian disusul dengan strategi Ketenagakerjaan sebagai prioritas kedua, adanya teknologi inovasi yang di kembangkan di BUMDes sebagai prioritas ketiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

North Maluku Communities Using Falah Approach. IKONOMIKA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1).

Devinta, N. &. (2022). Analisis Penerapan SAK ETAP Pada BUMDesa Yang Ada Di Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan. SIBATIK JOURNAL : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi dan Pendidikan, 1(3).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurcholis, H. (2011). Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Erlangga.

Supranto, J. (2013). Riset Operasi Untuk Pengambil Keputusan Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tuwo, A. (2011). Pengelolaan Ekowisata Pesisir dan Laut : Pendekatan Ekologi, Sosial-Ekonomi, Kelembagaan dan Sarana Wilayah. Surabaya: Brilian Internasional.

Weber, J. D. (2006). Perencanaan Ekowisata : Dari Teori Ke Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Pitaloka, H., Al Umar, A. U. A., Hartati, E. R., & Fitria, D. (2020). The economic impact of the COVID-19 outbreak: Evidence from Indonesia. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(02).

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Praba Baskara Nasution, Imsar, I., & Siti Aisyah. (2023). Analisis Pengembangan Bumdes Melalui Ekowisata dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 109–119. https://doi.org/10.56799/jim.v3i1.2530

Issue

Section

Articles