Dampak Pola Asuh Orang Tua Milenial Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Tasya Wijaya Tasya Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Etha Kharisna
  • Desvi Wahyuni UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i1.2606

Abstract

Penelitian ini memaparkan mengenai dampak dari pola asuh orang tua milenial terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini, yang dimana orang tua milenial merupakan orang tua yang tumbuh dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang canggih. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi literatur dengan melakukan telaah dari berbagai sumber ilmiah. Berdasarkan pada telaah studi literatur ini dapat disimpulkan pola asuh orang tua berdampak pada perkembangan sosial emosional anak, dan pola asuh orang tua milenial lebih mengarah pada pola asuh dengan pendampingan dan pengawasan yang ketat pada anak usia dini dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi, namun anak tetap merasakan kenyaman dari pola asuh tersebut agar berdampak pada perkembangan sosial emosional anak yang baik. Dengan melihat perkembangan zaman, pola asuh orang tua generasi milenial memiliki pengaruh yang lebih untuk mengembangkan sosial emosioal anak dan memiliki pengaruh besar pada pendidikan, pelatihan, pembentukan, dan stimulus dengan tetap memanfaatkan teknologi.

Kata kunci: Pola Asuh, Orang Tua Milenial, Sosial Emosional Anak Usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, Rizki. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak KB. Jurnal Obsesi, 2(2).

Purwandi. (2017). Milenial Nusantara. PT. Gramedia Pustaka.

Santrock, J.W . (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.

Sundono, Anggani. (1999). Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Anak Usia Dini. Nusantara Perss.

Suyadi. (2010). Psikologi PAUD. Aswaja Pedagogia.

Yusuf LN, Syamsu. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Tasya, T. W., Etha Kharisna, & Desvi Wahyuni. (2023). Dampak Pola Asuh Orang Tua Milenial Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 389–395. https://doi.org/10.56799/jim.v3i1.2606

Issue

Section

Articles