Pengaruh Job Satisfaction Terhadap Job Stres Pada Karyawan PT. Inka Multi Solusi Service Madiun

Authors

  • Rizky Dwi Yuliafi STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Zaenal Abidin STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Retno Widiarini STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

Abstract

Job satisfaction  memiliki pengaruh yang erat hubungannya pada setiap kinerja dan komitmen karyawan yang juga sangat berkaitan dengan job stres, jika job satisfaction dalam perusahaan meningkat maka pekerjaan akan semakin banyak dan akan menimbulkan stres. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh job satisfaction terhadap Job Stres pada kinerja karyawan di PT. Inka Multi Solusi Service Madiun. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat job satisfaction termasuk job satisfaction (tidak puas) yaitu sebanyak 19 responden (51,2%), sedangkan karyawan yang mengalami job stress tingkat tinggi sebanyak 25 responden (67,6%). Hasil ρ value 0,000< 0,05 dan terdapat pengaruh antara job satisfaction (tidak puas) dan akan menimbulkan job stres yang juga akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gosmawi, I., & Dsilva, N. R. (2019). Impact of Job Satisfaction and Job Stress on Employees Life in Mumbai Hospitality Sector An Empirical Study Using SEM. Journal of Strategy and Management,.

Gusriani. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Didinas Kesehatan Kabupaten Takalar.

Isra Hayati, S. F. (2018). Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Pada BMT El-Munawar Medan.

Keksi Girindra Swasti, Wahyu Ekowati, E. R. (2017) “Hubungan Jenis Pekerjaan Dengan Burnoutpada Wanita Bekerja Di Kabupaten Banyumas,” Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers, VII”17-18.

Ndulue, T. I. & Ekechukwu, H. C. (2016) “Impact of job satisfaction on employee performance: A study of Nigerian Breweries PLC Kaduna State Branch, Nigeria.,” Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, hal. 13–23.

Putri, D. D. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Danburnoutterhadap Kinerja Karyawan Produksi Pt. Lea Sanent.

Robbins, S. P. (2006) “Perilaku Organisasi,” Jakarta : PT. Indeks, Kelompok Gramedia.

Samino. (2018). nalisis Faktor Stres Kerja padaPerawat Rawat Inap Di RSUD dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati.

Siagian, S. P. (2016). ManajemenSumber Daya Manusia.

Downloads

Published

2022-01-11

How to Cite

Rizky Dwi Yuliafi, Zaenal Abidin, & Retno Widiarini. (2022). Pengaruh Job Satisfaction Terhadap Job Stres Pada Karyawan PT. Inka Multi Solusi Service Madiun. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 54–59. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/28

Issue

Section

Articles