Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Leverage, Dan Earning Power Terhadap Manajemen Laba

Authors

  • Dwi Urip Wardoyo Universitas Telkom Bandung
  • Lathifah Ayu Rahmanissa Universitas Telkom Bandung
  • Yolanda Rudila Putri Universitas Telkom Bandung

Abstract

Manajemen laba merupakan tindakan yang dilakukan manajemen perusahaan dengan memanipulasi jumlah laba yang tercatat dalam laporan keuangan. Tindakan tersebut dilakukan untuk memenuhi keinginan manajemen perusahaan demi kepentingan pribadi atau kepentingan perusahaan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pertumbuhan perusahaan, leverage, dan earning power terhadap manajemen laba pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling yang menghasilkan 26 perusahaan dalam kurun waktu 3 tahun sehingga diperoleh sebanyak 71 unit sampel. Model analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningtyas, D. (2019). Penjualan ADES Turun, Kok Laba Bisa Naik 39%? Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/market/20190327170626-17- 63264/penjualan-ades-turun-kok-laba-bisa-naik-39

Saleh, T. (2020). Mengagetkan! Terancam Didepak, Tiga Pilar Cetak Laba Rp 1,1 T. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/market/20200702233607-17-169877/mengagetkan-terancam-didepak-tiga-pilar-cetak-laba-rp-11-t

Abidin, F. (2019). Tiga Pilar Sejahtera Diduga Gelembungkan Laporan Keuangan Rp4 T. Retrieved from IDX Channel: https://www.idxchannel.com/market-news/tiga-pilar-sejahtera-diduga-gelembungkan-laporan-keuangan-rp4-t

Hanisa, F., & Rahmi, E. (2021). Pengaruh Financial Leverage, Kualitas Audit dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Jurusan Pendidikan Ekonomi.

Suheny, E. (2019). Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ekonomi Vokasi.

Taco, C., & Ilat, V. (2016). Pengaruh Earning Power, Komisaris Independen, Dewan Direksi, Komite Audit, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftart di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA.

Wijayanti, D. E., & Triani, N. (2020). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Audit Tanure, dan Opini Audit Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indoensia Tahun 2013-2017). Jurnal Akuntansi Unesa.

Febriyanti, G. A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba dengan Good Corporate Govarnance sebagai Pemoderasi. Jurnal Bisnis Terapan.

Dwiarti, R., & Hasibuan, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Resiko Keuangan dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Jurnal Manajemen dan Keuangan.

Mariani, D., & Fajar, C. (2021). Pengaruh Earning Power dan Leverage terhadap Manajemen Laba Sub Sektor Makanan dan Minuman. Jurnal Financial.

Surya, S., Soetama, D., & Ruliana, R. (2016). Pengaruh Earning Power terhadap Earning Management. Jurnal Ilmu Akuntansi.

Rohmaniyah, A., & Khanifah, K. (2018). Analisis Manajemen Laba pada Laporan Keuangan Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Doerjat, I. S. (2009). Analisis Earning Power Dampaknya Terhadap Praktik Manajemen Laba (Kasus pada PT Unilever Indonesia Tbk). Jurnal Riset Akuntansi.

Downloads

Published

2022-01-12

How to Cite

Dwi Urip Wardoyo, Lathifah Ayu Rahmanissa, & Yolanda Rudila Putri. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Leverage, Dan Earning Power Terhadap Manajemen Laba . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 69–78. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>