Design Sistem Kerja Untuk Mengurangi Beban Kerja Fisik dan Mental Pada pekerja Bagian Peleburan Logam Dengan Menggunakan Metode Participatory Ergonomic: Studi Pada PT. Sutra Sulung Makmur Metal Castindo

Authors

  • Muhammad Abi Nadhim Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ayudyah Eka Apsari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.3097

Abstract

PT. Putra Sulung Makmur Metal Castindo merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang pengecoran logam yang terletak di Kabupaten Klaten. Pada stasiun produksi terdiri dari bagian press dan pembuatan cetakan, peleburan dan penuangan logam kedalam cetakan, finishing dan shout blasting, serta pengecatan dan quality control. Adanya beban kerja tinggi pada penelitian sebelumnya yang dilakukan dengan menggunakan metode Work sampling dan NASA-TLX pada karyawan bagian peleburan logam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengurangi beban kerja dengan menggunakan metode participatory ergonomic. Dalam participatory ergonomic terdapat focus group discussion yang bertujuan untuk menemukan sumber masalah dan mencari solusi bersama. Dalam penelitian ini didapatkan hasil berkurangnya beban kerja, pemilihan dan penggunaan alat pelindung telinga sesuai standar, penggunaan pakai an kerja dan pelindunng tangan sesuai dengan fungsinya, perubahan layout tempat kerja, pemasangan poster K3. Usulan perbaikan tersebut telah disetujui oleh tim ergonomi dan diharapkan beban kerja yang tidak terlalu tinggi tetap terjaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sasongko, D. A. (2018). ANALISIS DAN PERBAIKAN DESAIN SISTEM KERJA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPATORI DI UNIT WO RKSHOP PT “X” (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Sukapto, P., & Samanta, H. (2019). Penerapan Participatory Ergonomics dalam Perancangan Ulang Permainan Buggy untuk Meningkatkan Keselamatan bagi Pengguna: Studi Kasus di Kampung Gajah Wonderland.

Sari, S. P., Puspaningtyas, D. E., Afriani, Y., & Anwar, F. (2021). Fokus Grup Diskusi Pengaturan Makan Sesuai Periode Latihan pada Pelatih Sepak Bola Atlet Junior. Sport and Nutrition Journal, 3(1), 23-31.

Renzo, V. L. (2023). Usulan perbaikan sistem kerja menggunakan metode ergonomi partisipatori di PT. Adyawinsa Stamping Industries.

Riyan, M., Sukapto, P., & Yogasara, T. (2023). Perbaikan Sistem Kerja untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Serta Produktivitas Melalui Pendekatan Ergonomi Partisipatif (Studi Kasus Di PT. Eka Karya Sinergi Bandung). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 12(2), 237-250.

Sukapto, P., Djojosubroto, H., & Permana, H. (2018). Penerapan Metode Job Safety Analysis and Risk Score untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Departemen Printing, Sewing dan Assembly PT. PAI, Bandung (Suatu Pendekatan Participatory Ergonomic). Jurnal Kesehatan, 9(3), 403-411.

Effendi, R., & Lubis, W. U. (2023). Upaya Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Fokus Grup Diskusi (FGD) dengan Pendekatan Nilai Karakter Religius pada Rehabilitasi Pecandu Narkoba di Yayasan Rumah Sehat Harapan Binjai. Journal on Education, 5(3), 9010-9018.

Palupiningtyas, D., & Yulianto, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Penerapan Chse Bagi Pengelola Homestay. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 539–547. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm

Reynaldo, W., Nainggolan, M., & Theresia, C. (2021). Perancangan Aplikasi Penyedia Informasi Perguruan Tinggi Bagi Pelajar SMA/Sederajat dengan Metode Participatory Design. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10(1), 73-88.

Kisanjani, A., Kurnia, W. I., Harits, D., & Misrianto, M. (2023). Usulan Perbaikan Sistem Kerja Membatik dengan Pendekatan Ergonomi Makro untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Disorders. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 662-667.

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Nadhim, M. A., & Apsari, A. E. (2024). Design Sistem Kerja Untuk Mengurangi Beban Kerja Fisik dan Mental Pada pekerja Bagian Peleburan Logam Dengan Menggunakan Metode Participatory Ergonomic: Studi Pada PT. Sutra Sulung Makmur Metal Castindo. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 381–390. https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.3097

Issue

Section

Articles