Kehebohan Penutupan Patung Bunda Maria di Kabupaten Kulonprogo: Ditinjau dalam Kategori Machine Diagram Fishbone

Authors

  • Gilas Anti Ampera UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i5.3257

Keywords:

konflik, patung bunda maria, diagram fishbone

Abstract

Konflik keagamaan di Indonesia seringkali terjadi. Kehebohan terbaru adalah penutupan Patung Bunda Maria di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kehebohan ini dipicu lantaran Patung Bunda Maria setinggi beberapa meter ditutup menggunakan terpal oleh sekelompok orang sehingga menimbulkan kehebohan khususnya di media massa dan media online. Penelitian ini bertujuan untuk menggali akar permasalahan kehebohan yang terjadi di Kabupaten Kulon Progo tersebut. Penelitian ini masuk ke dalam penelitian kualitatif dengan jenis library research (penelitian kepustakaan). Sedangkan dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara serta dokumentasi yang digunakan untuk mencari data-data terkait dari sumber-sumber tertulis. Setelah data terkumpul, maka akan dilakukan analisa terhadap data dengan diagram fishbone dan berbagai teori yang tersedia dan relevan. Penyajian data dalam penelitian ini bersifat analitis-deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah kategori machine memiliki pengaruh terhadap kehebohan yang terjadi akibat penutupan Patung Bunda Maria dengan terpal tersebut. Hal ini dapat terjelaskan melalui adanya beberapa instrumen yang menjadi “mesin” pengolah kehebohan penutupan Patung Bunda Maria tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.J. Scarvada., Et. al. 2004. “A Review of the Causal Mapping Practice and Research Literature.” in Second World Conference on POM and 15th Annual POM Conference. Mexico: POM and 15th Annual POM Conference.

Ahmad, Munawar. 2013. Candy’s Bowl: Politik Kerukunan Umat Beragama Di Indonesia. Yogyakarta: SUKA-Press.

Andrian Pratama Taher. 2021. “Kronologi Masjid Ahmadiyah Sintang Diserang: Berawal Dari Penolakan.” Tirto.Id, September 4.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi Cahyana. 2023. “Viral Penutupan Patung Bunda Maria Di Lendah Kulonprogo Karena Protes Ormas Islam.” Harian Jogja, March.

C. Rizan., R. Low., S. GArden., N. Groves., B. Flaherty., T. Welland. 2020. “A Blueprint for Streamlining Patient Pathways Using a Hybrid Lean Management Approach.” Quality Management in Health Care 29(4):201–9.

Ichsan Malik. 2017. Resolusi Konflik Jembatan Perdamaian. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

M.A. Rahim. 2002. “Toward a Theory of Managing Organizational Conflict.” The International Journal of Conflict Management 13:206–35.

Maharani, Shinta. 2023. “Diprotes Ormas, Patung Bunda Maria Di Yogya Ditutup Terpal Saat Puasa Ramadhan.” Tempo.Co, March.

Michael Maccoby & Tim Scudder. 2011. “Leading in the Heat of Conflict.” T+D 65(12):46–51.

Nancy R. Tague. 2005. The Quality of Toolbox. 2nd ed. Wisconsin: ASQ Quality Press.

Nilma. 2018. “ANALISIS CAUSE EFFECT MENGENAI DAMPAK DARI IMPLEMENTASI BANDUNG SMART CITY.” Faktor Exacta 11(1):57–64.

Setyabudi Indartono. 2014. Conflict Management. Yogyakarta: Aksara Media Pratama.

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim detikJateng. 2023. “Penutupan Patung Bunda Maria Di Jogja: Awal Mula Hingga Penyebab.” DetikNews, March 25.

Wirawan. 2010. Konflik Dan Manajemen Konflik: Teori, Aplikasi Dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Wawancara:

Wawancara dengan Bapak Wiyono (Ketua RW setempat) pada tanggal 09 April 2023.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Ampera, G. A. . (2024). Kehebohan Penutupan Patung Bunda Maria di Kabupaten Kulonprogo: Ditinjau dalam Kategori Machine Diagram Fishbone. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(5), 1–7. https://doi.org/10.56799/jim.v3i5.3257

Issue

Section

Articles