Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Massa dan Partisipasi Politik Masyarakyat

Authors

  • Paskah Randyca
  • Fransiskus Xaverius
  • Pernando Pernando
  • Christoffer Janson

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i5.3356

Abstract

Media sosial merupakan salah satu bentuk media baru yang memiliki peran penting dalam proses komunikasi politik di era digital. Media sosial memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi politik secara cepat dan mudah, serta memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan kampanye politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media sosial digunakan sebagai sarana komunikasi massa dan partisipasi politik masyarakat di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data dikumpulkan dari berbagai sumber online yang relevan dengan topik penelitian, seperti jurnal, artikel, buku, dan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki beberapa fungsi dalam komunikasi politik, yaitu sebagai alat informasi, edukasi, persuasi, mobilisasi, dan interaksi. Media sosial juga memberikan dampak positif dan negatif terhadap partisipasi politik masyarakat, seperti meningkatkan kesadaran, keterlibatan, dan keterbukaan politik, namun juga menimbulkan isu-isu seperti hoaks, ujaran kebencian, dan polarisasi politik. Penelitian ini merekomendasikan agar media sosial digunakan secara bijak dan kritis oleh masyarakat, partai politik, dan pemerintah dalam rangka membangun demokrasi yang sehat dan berkualitas di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, Nur. 2018. ―Remaja Millenial Dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. JPII 2(2): 221–36.

Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Cholisin, dkk, 2007, Pengantar Ilmu Politik (Introduction to Political Science), PT Raja Grafindo, Jakarta.

Faadila, M. R. R. Partisipasi Politik Melalui Pemanfaatan Media Sosial Oleh Komisi Pemilihan Umum Di Kota Ambon Provinsi Maluku.

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). Kehadiran media baru (new media) dalam proses komunikasi politik. Medium, 8(1), 1-17.

Kaplan, A. & Haenlein, M. (2010). User of the world, unite! the challenge! and opportunities of social media. Prancis: Business Horizons.

Muhaling, Arther. 2015. ―Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilukada Di Kecamatan Siau Barat Selatan KabupatenSitaro.‖ Politico: Jurnal Ilmu Politik1(5).

Puspitosari, R., & Lokananta, A. C. (2021). Peran media komunikasi digital pada pola komunikasi guru dan murid. Avant Garde, 9(1), 100.

Putra, Yanuar Surya. 2016. ―Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi.‖ Among Makarti9(18). https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/viewFile/142/133.

Rumyeni, Rumyeni. ―Penerimaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Pekanbaru.‖ Jurnal Ilmu Komunikasi8(2): 117–32.

Utami, F. (2020). Media sosial dan partisipasi politik milenial Riau. Jdp (Jurnal Dinamika Pemerintahan), 3(1), 65-84.

Winarno, Sugeng. 2018. ―Partisipasi Politik Milenial.‖ Harian Bhirawa. http://research-report.umm.ac.id/index.php/API-BAA/article/view/2188.

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Paskah Randyca, Fransiskus Xaverius, Pernando, P., & Christoffer Janson. (2024). Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Massa dan Partisipasi Politik Masyarakyat. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(5), 96–105. https://doi.org/10.56799/jim.v3i5.3356

Issue

Section

Articles