Analisis Tingkat Kepercayaan Pengikut Akun Instagram @lambe_turah Terhadap Postingan Berita yang Disebarluaskan

Authors

  • Fricilia Bernadetha Universitas Kristen Indonesia
  • Ruth Sonia Lasta Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i5.3376

Keywords:

Tingkat Kepercayaan, Postingan Berita, Instagram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepercayaan pengikut akun Instagram @lambe_turah terhadap postingan berita yang disebarluaskan oleh akun tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten untuk mengidentifikasi jenis-jenis postingan berita yang disebarkan oleh akun @lambe_turah, dan survei online untuk mengukur tingkat kepercayaan pengikut terhadap berita yang diposting. Sampel penelitian adalah pengikut aktif @lambe_turah. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Akun Instagram @lambe_turah memiliki konten gosip dan berita populer, namun juga menyajikan informasi bermanfaat. Kepemilikannya menunjukkan kekuatan ekonomi dan pengaruh besar terhadap opini publik. (2) Pengguna media sosial, terutama Instagram, perlu meningkatkan kesadaran akan etika bermedia sosial, menghormati privasi, dan berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang dapat mempengaruhi opini publik. (3) Akun @lambe_turah memiliki kekuatan untuk membentuk opini publik melalui konten yang dipublikasikan dan komentar pengikutnya, namun juga membawa risiko terkait privasi, kepercayaan pembaca, dan dampak sosial dari konten yang diposting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, F. Z. (2014). Pemanfaatan twitter sebagai media komunikasi massa. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 18(1), 516744.

DEWI, M. U. (2021). PENGARUH TERPAAN KOMENTAR MAKIAN DALAM AKUN@ LAMBE_TURAH TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA).

Fahrurozi, M. (2019). Pengaruh Postingan Akun Instagram Lambe Turah Terhadap Tingkat Kepercayaan Mahasiswa Pekalongan di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Hanif, A. Z., Budi, B. D. S., Permana, M. K., ‘Alim, R. A., Murthy, C. W., Pahlevi, M. R. F., & Almeyda, S. A. (2020). Isu SARA sebagai Sumber Konflik pada Media Sosial. ResearchGate, 1(3).

Juditha, C. (2018). HEGEMONI di MEDIA SOSIAL: KASUS AKUN GOSIP INSTAGRAM@ LAMBE_TURAH. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(1).

Nadhiran, H., & Riswana, A. T. (2022). Tren Akun Instagram Lambe Turah sebagai Pemicu Kontroversi Ditinjau dari Perspektif Hadis. Jurnal Riset Agama, 2(3), 940-948.

Sopiatun, Atikah Ana. 2023. Analisis Semiotika Roland Barthes Akun Instagram @lambe_turah. Skripsi: Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Jurusan Komunikasi Islam fakultas Dakwah UIN

Supi, A. R. (2023). ANALISIS CYBERBULLYING OLEH NETIZEN PADA POSTINGAN INSTAGRAM@ LAMBE_TURAH TENTANG BERITA RIZKY BILLAR DAN LESTI KEJORA (ANALISIS FRAMING KOMENTAR POSTINGAN TANGGAL 14 OKTOBER 2022) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Zahra, F., & Rofi, R. (2018). Persepsi Netizen Terhadap Pola Pemberitaan Lambe Turah Sebagai Strategi Komunikasi Dalam Perspektif Filsafat Sosial. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 2(2), 60-70.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Bernadetha, F., & Lasta, R. S. . (2024). Analisis Tingkat Kepercayaan Pengikut Akun Instagram @lambe_turah Terhadap Postingan Berita yang Disebarluaskan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(5), 121–127. https://doi.org/10.56799/jim.v3i5.3376

Issue

Section

Articles