ANALISIS POTENSI BUKU PELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS XI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERORIENTASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM)

Authors

  • Muhammad Prihatislam Primadi Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta
  • Sukisman Purtadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat potensi buku pelajaran yang digunakan oleh guru- guru kimia SMA/MA kelas XI sebagai sumber belajar berorientasi STEM. Penelitian ini menganalisis keberadaan komponen science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada buku pelajaran yang digunakan oleh guru-guru kimia SMA/MA kelas XI se-DIY. Desain penelitian menggunakan penelitian analisis konten deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah buku pelajaran Kimia untuk siswa SMA kelas XI. Sumber data yang digunakan adalah 10 jenis buku teks dengan pen- erbit dan penulis yang berbeda yang diperoleh dari hasil survey guru mata pelajaran kimia SMA Negeri dan Swasta kelas XI se-DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen science, buku IP1 menunjukkan tingkat potensi paling tinggi dengan persentase kemunculan 75% termasuk kriteria berpo- tensi, untuk komponen technology, buku IP1 menunjukkan tingkat potensi paling tinggi dengan persen- tase kemunculan 80% termasuk kriteria berpotensi, untuk komponen engineering, buku IP1 menunjukkan tingkat potensi paling tinggi dengan persentase kemunculan 72% termasuk kriteria cukup berpotensi, se- dangkan untuk komponen mathematics, buku BS1 menunjukkan tingkat potensi paling tinggi dengan per- sentase kemunculan 62% termasuk kriteria cukup berpotensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Muhammad Prihatislam Primadi, & Sukisman Purtadi. (2022). ANALISIS POTENSI BUKU PELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS XI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERORIENTASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM). ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2205–2212. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/474

Issue

Section

Articles