Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Non-Rutin di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2

Authors

  • Mindo Laura Arianti Universitas Negeri Medan
  • Muliawan Firdaus Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i9.4753

Keywords:

Kesulitan Belajar, Soal Non-Rutin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita non-rutin di SMK Swasta Teladan Sumtera Utara 2, (2) mengetahui gambaran penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita non-rutin di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam peneltian ini adalah siswa/I kelas XI-TKRO di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2 pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa soal dan juga wawancara. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita non-rutin antara lain ialah kesulitan siswa dalam menyatakan konsep (57,14%), kesulitan dalam menerapkan prinsip (54,76%), serta kesulitan dalam menggunakan prosedur (57,14%), (2) Adapun faktor-faktor penyebab kesulitan berasal dari faktor internal seperti pengetahuan siswa yang masih rendah, daya tangkap siswa yang rendah, rasa malas siswa dalam belajar, serta aggapan siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, juga kurangnya usaha siswa dalam berlatih mengerjakan soal-soal, serta berasal dari faktor eksternal seperti lingkungan kelas yang tidak kondusif saat pembelajaran berlangsung juga kebiasaan teman sekelas yang mencontek jawaban

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Aminah, Kiki Riska Ayu Kurniawati. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. Teori dan Aplikasi Matematika, 2(2):118-122.

Ana, Ayu Rizki. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Materi Pengukuran Pada Siswa Kelas V SD Se-Gugus Hasanudin Kecamatan Marganada Kota Tegal.Skripsi, Pendidikan Gurus Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Bahri, Syaiful. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono, (2008), Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Skrispsi, Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan, Medan.

Djalii, Puji Muljono. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Dwidarti, Ufi, Helti Lygia Mampouw, Danang Setyadi. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Pendidikan Matematika,. 3(2): 315-322.

Fenanlampir, dkk. (2018). The Struggle Of Indonesian Students In The Context Of TIMSS and PISA Has Not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET). Vol 10, No 2.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Arianti, M. L., & Firdaus, M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Non-Rutin di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(9), 88–95. https://doi.org/10.56799/jim.v3i9.4753

Issue

Section

Articles