Penerapan Model Goal Programming pada Penjadwalan Perawat di RSIA Artha Mahinrus Medan

Authors

  • Agustin Richardo Josua Nababan Universitas Negeri Medan
  • Lasker Pangarapan Sinaga Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i9.4755

Keywords:

Goal Programming, Penjadwalan Perawat, LINGO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model Goal Programming dalam penjadwalan perawat di RSIA Artha Mahinrus Medan yang saat ini masih melakukan penjadwalan secara manual. Rumah sakit ini memiliki 18 perawat yang dijadwalkan bekerja dalam tiga shift, yaitu pagi, sore, dan malam. Akibat dari penjadwalan secara manual ini membutuhkan waktu yang lama dan kurang efisien dikarenakan adanya ketimpangan dalam pembagian shift. Goal Programming merupakan pengembangan program linear dengan fungsi yang majemuk. Model ini diterapkan menggunakan perangkat lunak LINGO dengan mempertimbangkan sejumlah kriteria, termasuk kebutuhan operasional rumah sakit dan aturan ketenagakerjaan. Dalam memodelkan masalah penjadwalan perawat ini ada dua sistem kendala yang harus dipenuhi yaitu kendala utama dan kendala tambahan. Kendala utama adalah aturan yang harus dipenuhi sedangkan kendala tambahan yaitu aturan rumah sakit yang masih diberi toleransi terhadap pelanggarannya. Dalam memodelkan masalah penjadwalan perawat, setiap masalah diubah kedalam model matematika serta penyelesaian model goal Programming dibantu dengan software LINGO. Berdasarkan output LINGO yang diperoleh, penjadwalan perawat dengan menggunakan model goal programming memenuhi semua sistem kendala, sedangkan jadwal manual rumah sakit tidak memenuhi sistem kendala

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus silalahi, A. L. (2022). Penjadwalan Perawat Berdasarkan Minimasi Pelanggaran. Jurnal Metris, 74-81.

Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Asmuji. (2012). Manajemen Keperawatan Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Arr-Ruzz.

Baker, K. R. (2009). Principles of Sequencing and Scheduling. America: John Wiley & Sons, Inc. Conway. (2001). Theory of Scheduling. America: Addison-Wesley Publishing Company.

Hidayat, A. A. (2012). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan (2 ed.). Jakarta: Salemba Medika. Lesmana. (2019). Penjadwalan Perawat IGD Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung

Menggunakan Metode Goal Programming. Teorema: (4 ed., Vol. 2).

Mulyono. (2002). Riset Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Octafiani, D. (2015). Optimasi Penjadwalan Perkuliahan Dengan Metode Zero-One Linier Goal Programming. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer.

Puspita, F. M. (2021). Peningkatan Penguasaan Software Optimasi LINGO Bagi Dosen Matematika Swasta di Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 9(4), 1413-1418.

Ramadhani, I. (2023). Optimasi Penjadwalan Perawat IGD RSUD Arosuka Dengan Metode 0-1 Fuzzy Goal Programming. Journal of Mathematics UNP, 8(2), 81-92.

Silalahi, A. (2022). Penjadwalan Perawat Berdasarkan Minimasi Pelanggaran Peraturan Dan Minimasi Biaya Lembur. Jurnal Metris, 23(2), 74-81.

Siregar, P. (2015). Optimasi Penjadwalan Perawat Dengan Goal Programming: Sebuah Studi Kasus di Rumah Sakit Umum PadangSidimpuan. Semirata, 1(1).

Siswanto. (2007). Operations Research Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Nababan, A. R. J., & Sinaga, L. P. (2024). Penerapan Model Goal Programming pada Penjadwalan Perawat di RSIA Artha Mahinrus Medan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(9), 102–106. https://doi.org/10.56799/jim.v3i9.4755

Issue

Section

Articles