Evaluasi Program Ekstrakulikuler Study Club Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Nizamia Andalusia

Authors

  • Afina Zahrah Universitas Muhamamdiyan Prof. Dr. Hamka
  • Musringudin Universitas Muhamamdiyan Prof. Dr. Hamka

Keywords:

Evaluasi, Ekstrakulikuler, Study Club, Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program ekstrakulikuler study club pada mata pelajaran matematika di SD Nizamia Andalusia dari sisi konteks, input, proses dan produk. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ekstrakulikuler study club pada mata pelajaran matematika, (1) pada aspek konteks, tujuan diselenggarakannya program ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakulikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pasal 2, yaitu untuk mengembangkan potensi belajar siswa dalam hal ini pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa (2) pada aspek input yang meliputi perencanaan, sumber daya manusia, sarana prasarana, pembiayaan dan prosedur sudah baik, karena kompetensi yang dimiliki pembina program ekstrakulikuler sudah sesuai dengan bidangnya, pembiayaaan sudah diatur dengan baik dan sarana prasarana telah disediakan oleh sekolah serta prosedur sudah direncanakan dengan matang oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan (3) aspek proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan sarana, pengelolaan ketenagaan dan pengelolaan pembiayaan pada program sudah mampu dijalankan dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya, (4) aspek produk, meningkatnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bagi siswa yang mengikuti program ekstrakulikuler study club.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirin, dkk. 2013. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Baker, Christina N. 2008. Under-represented college students and extracurricular involvement: the effects of various student organizations on academic performance. Social Psychology of Education, 11(3), 273-298.

Fischer, Natalie dan Désirée Theis. 2014. Quality of extracurricular activities – Considering developmental changes in the impact on school attachment and achievement. Journal for Educational Research Online Volume 6, No. 3, 54–75.

Indiati, TB. 2019. Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakulikuler Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Jambung Timur. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Kemendikbud. 2016. Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah Dasar.

Munastiwi, Erni. 2018. Manajemen Ekstrakulikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler.

Rusydi, Ananda dan Tien Rafida. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan : Perdana Publishing.

Stufflebeam L. D. & Shinkfield, J. A. 1986. Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to Theory and Practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Stufflebeam, L.D., George, M., & Kellaghan, T. 2002. Evaluation Models Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation Second Edition. New York: Kluwer Academic Publishers.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran.

Tayibnapis, F.Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta.

Wirawan. 2012. Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Arinta, Y. N., Nabila, R., Al Umar, A. U. A., Alviani, A. W., & Inawati, Y. (2020). Eksistensi Bank Wakaf Mikro Dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 372-378.

Al Umar, A. U. A., Lorenza, L., Savitri, A. S. N., Widayanti, H., & Mustofa, M. T. L. (2020). Pengaruh Inflasi, PDRB, dan UMK Terhadap Tingkat Pengangguran di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017-2019. Jurnal Ekonomi Balance, 16(1), 1-12.

Pitaloka, H., Al Umar, A. U. A., Hartati, E. R., & Fitria, D. (2020). The economic impact of the COVID-19 outbreak: Evidence from Indonesia. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(02).

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Afina Zahrah, & Musringudin. (2022). Evaluasi Program Ekstrakulikuler Study Club Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Nizamia Andalusia. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 2783–2791. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/638

Issue

Section

Articles