Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Dan Tingkat Kemiskinan Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Di Kota Madiun

Authors

  • Aditya Dwi Nugroho Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Marseto Marseto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Kemiskinan

Abstract

Penelitian ini menggambarkan pembangunan ekonomi ditujukan untuk kemajuan masyarakat. Pencapaian kemajuan ini dibutuhkan kesempatan kerja masyarakat yang pada akhirnya mengarah pada pemerataan pendapatan di antara penduduk, dan membuat banyak perubahan untuk mendukung pembangunan negara dan keajaiban ekonomi tinggi. Di sisi lain, tentunya terdapat kesenjangan antara kesempatan kerja dengan angkatan kerja yang tidak seimbang, sehingga dengan semakin minimnya kesempatan kerja dan semakin banyaknya pencari kerja akan berdampak buruk terhadap terciptanya pengangguran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Ekonomi (X1), Indeks Pembangunan Manusia (X2), dan Tingkat Kemiskinan (X3) terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka (Y) di Kota Madiun dari tahun 2006-2021. Analisis yang diaplikasikan untuk studi ini ialah regresi linier berganda serta menguji dengan asumsi BLUE dilakukan pada studi guna membuktikan hasil bahwa studi ini lulus uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertumbuhan Ekonomi tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka, Indeks Pembangunan Manusia tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka, dan Tingkat Kemiskinan memiliki positif (tidak signifikan) terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita, R. (2017). Teori-Teori Pembangunan Ekonomi,Pertumbuhan Ekonomi Dan Pertumbuhan Wilayah. Cetakan Pertama, 4.

Palindangan, J., & Bakar, A. (2021). Analisis Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Dan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kabupaten Mimika. JURNAL KRITIS (Kebijakan, Riset, Dan Inovasi), 5(1), 65–80. http://ejournal.stiejb.ac.id/index.php/jurnal-kritis/article/view/149

Putra, I. K. A. A., & Arka, S. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, Kesempatan Kerja, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kemiskinan Pada Kabupaten / Kota Di Provinsi Bali. EP Unud, 7(3), 416–444.

Qadrunnanda, L. (2017). Analisis Pengaruh Pendidikan Pertumbuhan Ekonomi dan Rasio Gini Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010-2015.

Riska Garnella, Nazaruddin A. Wahid, MA, Yulindawati (2020) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Dan Kemiskinan Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Di Provinsi Aceh, 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negari Ar-Raniry 21.

Windhu Putra, L. R. (2021). Perekonomian Indonesia Penerapan Beberapa Teori Ekonomi Pembangunan di Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Aditya Dwi Nugroho, & Marseto, M. (2022). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Dan Tingkat Kemiskinan Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Di Kota Madiun. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 2860–2867. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/660

Issue

Section

Articles