Problematika dan Solusi Pembelajaran Matematika pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Kamsinah Kamsinah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kapuas

Keywords:

Problematika, Solusi Pembelajaran, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk problematika dan solusi pembelajaran Matematika di Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Pembelajaran Berbasis Masalah melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran yang aktif, kolaboratif, berpusat kepada peserta didik, yang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan belajar mandiri yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan dan karier, dalam lingkungan yang bertambah kompleks sekarang ini. Pembelajaran Berbasis Masalah dapat pula dimulai dengan melakukan kerja kelompok antar peserta didik. peserta didik menyelidiki sendiri, menemukan permasalahan, kemudian menyelesaikan masalahnya di bawah petunjuk fasilitator (guru). Dalam hal ini, peserta didik lebih diajak untuk membentuk suatu pengetahuan dengan sedikit bimbingan atau arahan guru sementara pada pembelajaran tradisional, peserta didik lebih diperlakukan sebagai penerima pengetahuan yang diberikan secara terstruktur oleh seorang guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Curriculum and evaluation standards for school mathematics . Reston, VA: Author.Roh & Kyeong Ha. 2003).

Erman , Suherman. 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Konterporer.Jakarta: IMSTEP Universitas Pendidikan Indonesia. National Council of Teachers of Mathematics. (2005).

http://aboel-new.blogspot.com/2013/03/menjadi-guru-matematika-yang-profesional.html

https://mathc-edu.blogspot.com/2013/01/guru-profesional.html

https://mathc-edu.blogspot.com/2013/01/profesionalisme-guru.html

Problem-Based Learning in Mathematics. ERICDigest. ERIC Clearinghouse for Science Mathematics andEnvironmental Education Columbus OH.Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. Vol. 2 no. 2. PP. 68-73.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Kamsinah, K. . (2022). Problematika dan Solusi Pembelajaran Matematika pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3214–3231. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/764

Issue

Section

Articles