Strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Siti Rofingah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kapuas

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Al Quran, Hadist

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Proses pembelajaran merupakan aktifitas mentransformasikan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Guru diharapkan dapat mengembangkan kapasitas belajar, kompetensi dasar, dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik secara penuh. Pembelajaran yang dilakukan harus lebih berpusat pada peserta didik, sehingga peserta didik ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dapat mengembangkan cara-cara belajar mandiri, berperan dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian proses pembelajaran itu sendiri. Maka disini pengalaman peserta didik lebih diutamakan dalam memutuskan titik tolak kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Qadir, Muhamaad, Ahmad. 1981. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta

Arief, Armai: Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Penerbit Ciputat Pers Jakarta, 2002.

Ash-Shalih, Subhi. 1991. Membahas ilmu-ilmu al-qur’an (terjemahan) tim pusataka firdaus dari judul asli mabahist fi ulum al-qur’an. Jakarta: pustaka firdaus.

Chatib, Muardi dan Paimun: Metodik Al-qur’an Hadits Direktirat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Depag 1982/1983.

Darajat, Zakiah. 2011. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Fathurrohman, Pupuh, M. Sobry Sutikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Ismail.2009. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: LSIS dan RASAIL Media Group.

Tafsir, Ahmad. 1996. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yunus, Mahmud. 1990. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: PT. Hidakarya Agung.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Siti Rofingah. (2022). Strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Tsanawiyah. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3257–3269. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/767

Issue

Section

Articles