Desain Media Renderforest Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Azrel Apriliansyah Universitas PGRI Madiun
  • Naniek Kusumawati Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Media Renderforest, Pemahaman Sains, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research and development). Penelitian pengembangan (Research and development) merupakan salah satu jenis dari metode penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk. Produk yang akan dikembangan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Renderforest yaitu aplikasi berupa pembuatan video untuk presentasi dan juga bisa digunakan untuk media pembelajaran, alam penelitian, model pengembangan menggunakan model 4D Define, Design, Development dan Disseminate, Kelayakan media renderforest diukur melalui penilaian oleh para ahli validasi, penilaian angket respon siswa, penilaian angket respon guru. Tingkat kevalidan media renderforest dalam pembelajaran IPA berdasarkan hasil penelitian dari ketiga ahli yaitu Ahli materi sebesar 84,00%, ahli media sebesar 80,00%, ahli bahasa sebesar 86.00% hasil gabungan dari para ahli validasi mencapai persentase 85,5% dengan kategori “sangat layak” tingkat kelayakan media renderforest dalam pembelajaran IPA penilaian angkat respon siswa mendapatkan persentase 90,87% dengan kategori “sangat layak” penilaian angkat respon guru mencapai persentase 90,00% dengan kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asih. (2016). Pembelajaran Ipa Menumbuhkan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 20, 249–259. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039985

Fitri, F. dan A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Harahap, Y. M. (2021). Pengaruh Blended Learning Berbasis Aplikasi Membaca Pemahaman Pada Siswa Mas Yaspi Labuhan. Jurnal Education and Development, 9(4), 123–127.

Hardianti, F. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENVIRONMENT, SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DEVELOPMENT. International Journal of Hypertension, 1(1), 1–171. http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea

Pradana, D. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096

Sugiyono. (2016). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Sya’ban, M. F. (2014). Kepedulian Lingkungan dengan Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2), 82–86.

Widodo, A. (2014). SEKOLAH DASAR. 10(1), 55–72.

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Muhammad Azrel Apriliansyah, & Naniek Kusumawati. (2022). Desain Media Renderforest Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Pada Siswa Sekolah Dasar. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3342–3348. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/822

Issue

Section

Articles