Determinasi Kualitas Laporan Keuangan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ogan Komering Ilir

Authors

  • Semanurra Al Fatasya Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Zulkifli Zulkifli Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Muhammad Husni Mubarok Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Kompetensi SDM, Pemanfaatan TI, SPI, Laporan Keuangan

Abstract

Ada banyak hal yang mempengaruhi seberapa baik laporan keuangan bagi pemerintah daerah dibuat. Kelompok ini mencakup seberapa baik sistem pengendalian internal mereka bekerja dan seberapa baik karyawan mereka dapat menggunakan teknologi informasi. Dengan adanya informasi baru ini, BPKAD OKI  akan lebih dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangannya, seperti keterampilan dan pengetahuan TI pegawainya. Penggunaan statistik pada data. Penelitian ini melibatkan 78 orang, dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan informasi. Ini adalah metode pengambilan sampel yang memanfaatkan sampling jenuh. Berdasarkan hasil tersebut, Kompetensi SDM (thitung 8,132) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuanngan pemerintah daerah karena nila thitung > ttabel. Adapun Pemanfaatan TI (thitung3,250) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuanngan pemerintah daerah karena nilai thitung > ttabel. Serta SPI berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah karena nilai thitung  3,118 > ttabel 1992.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, Muh Rifky, Sri Rahayu, dan Muhamad Muslih. 2017. Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD), Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Depok). Jurnal Ilmah. Vol. 15, No. 2 2017.

Astria, Tia. 2011. Analisis Pengaruh Audit Tenure Struktur Corporate Governance, dan Ukuran KAP Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro. Semarang.

Gasperz, J. J. (2019). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Intern, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi pada Badan Pusat Statistik Wilayah Maluku). JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 5(2), 75–83.

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keduabelas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Kiranayanti, I. A. E., dan Erawati, N. M. A., 2016, Pengaruh Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Intern, Pemahaman Basis Akrual Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah, E-Jurnal Akuntansi, 16(2), 1290- 1318.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 Tentang System Pengendalian Internal

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Permendagri. Nomor 70 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutaryo. 2011. Manajemen Aset Daerah. Jurnal Akuntansi.Vol 1. No 2, November 2011.

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Semanurra Al Fatasya, Zulkifli, Z., & Muhammad Husni Mubarok. (2022). Determinasi Kualitas Laporan Keuangan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ogan Komering Ilir. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3349–3357. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/823

Issue

Section

Articles