Sosialisasi Tentang Upaya Pemeliharaan Dokumen Rekam Medis Di RSU Aliyah 1 Kota Kendari

Main Article Content

Muhammad Al Rajab
Rilla Rossalina Aljuwaeni
Herdas
Putri Utami
Puput Rahmawati
Resky Ayu Wulandari

Abstract

Pengelolaan dokumen rekam medis yang tidak tepat dapat mengakibatkan hilangnya atau rusaknya data identitas, riwayat pemeriksaan, pengobatan, kegiatan, dan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien. Sistem pengelolaan rekam medis dimulai dari area penerimaan pasien (membuat atau menyiapkan berkas rekam medis), kemudian berlanjut ke assembling, coding, indexing, dan filling. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendeskripsikan dan mensosialisasikan pemeliharaan berkas rekam medis di ruang penyimpanan (filling) RSU Aliyah 1 Kota Kendari. Prosedur yang digunakan dimulai dengan survei awal ke tempat dan observasi. Setelah itu, materi disampaikan dan demonstrasi diadakan. Kegiatan dievaluasi dengan sebelum dan sesudah ujian tentang materi sosialisasi, serta temuan penyaringan. Evaluasi diberikan dalam bentuk angket atau pertanyaan tentang manfaat pelatihan dan gambaran tentang pengetahuan baru yang diperoleh peserta sebelum dan sesudah dididik. Lokasi pengabdian masyarakat adalah RSU Aliyah 1 Kota Kendari. Masa pengabdian masyarakat akan dilaksanakan pada bulan Februari 2023. Berdasarkan hasil sosialisasi disampaikan berbagai materi mengenai cara Pemeliharaan Dokumen Rekam Medis di ruang pengisian RSU Aliyah 1 Kota Kendari, baik pemeriksaan kelengkapan identitas , kelengkapan review laporan penting, kelengkapan review record, dan kelengkapan review otentikasi. Seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi berjalan dengan baik dan mengajukan berbagai pertanyaan seputar review pemeliharaan dokumen rekam medis di ruang pengisian rumah sakit, serta cara resmi penyerahan kegiatan penyimpanan dan pemusnahan rekam medis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhammad Al Rajab, Rilla Rossalina Aljuwaeni, Herdas, Putri Utami, Puput Rahmawati, & Resky Ayu Wulandari. (2023). Sosialisasi Tentang Upaya Pemeliharaan Dokumen Rekam Medis Di RSU Aliyah 1 Kota Kendari. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 227–231. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1561
Section
Articles

References

Budi, S. C. (2011). Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Quantum Sinergis Media.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Buku Pedoman Penyelenggaraan Rekam Medis Rumah Sakit. In Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit Indonesia Revisi II (p. 203).

Kemenkes R.I. (2008). PMK Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis. In Peraturan Menteri Kesehatan tentang Rekam Medis (p. 7). http://dinkes.surabaya.go.id

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). PMK 24 TAHUN 2022 TENTANG REKAM MEDIS. Peraturan Menteri Kesehatan tentang Rekam Medis.

Rustiyanto, E, Rahayu, W. (2011). Manajemen Filing Dokumen Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan. Politeknik Kesehatan Permata Indonesia.