Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pengusaha Warung di Mejing Gamping Sleman Yogyakarta

Main Article Content

Agus Tri Basuki
Nano Prawoto

Abstract

Tujuan PKm ini adalah untuk mengedukasi para pemilik warung yang ingin membuat usahanya lebih berkembang. Peningkatan kapasistas pengelolaan bisnis yang harus dimiliki bagi pengusaha  warung adalah cara mengelola bisnis yang lebih profesional dan pembukuan keuangan sederhana. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan pembuatan laporan keuangan sederhana terhadap pemilik warung. Hasil dari pengabdian ini adalah pemilik warung di Lingkungan Mejing Ambarketawang Gamping memahami cara mengelola warung dengan baik dan mampu membuat proposal bisnis dan pembukuan keuangan sederhana. Dengan adanya Pelatihan Kewirausahaan ini, pemilik warung di Lingkungan Mejing Ambarketawang Gamping dapat menjalankan usaha warung dengan perhitungan bisnis sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agus Tri Basuki, & Nano Prawoto. (2023). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pengusaha Warung di Mejing Gamping Sleman Yogyakarta. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 210–219. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1563
Section
Articles

References

Apriliana, F. (2012). Kemampuan Laba Bersih, Arus Kas Aktivitas Operasi Historis Dan Komponen-Komponen Akrual Dalammemprediksi Arus Kas Aktivitas Operasi Dimasa Mendatang. Semarang, Universitas Diponogoro.

Chaniago, A. A, dkk. 1998. Ekonomi 2. Bandung: Angkasa

Hafsah, Moh Jafar, 2003, Bisnis Ubi Kayu Indonesia, PT. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta

Nurviani, N. (2013). Perpres Ritel Vs Persaingan Usaha.

Pandin, M. L. (2009). Potret Bisnis Ritel Di Indonesia: Pasar Modern. Economic Review, 215, 1-12.

Tambunan, T. T., Nirmalawati, D., & Silondae, A. (2004). Kajian Persaingan dalam Industri Retail. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Utami, C. W. (2006). Relationship effort dan kualitas layanan sebagai strategi penguat relationship outcomes (sebuah tinjauan konseptual dalam bisnis ritel modern di indonesia). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1).

Utomo, T. J., 2011., Persaingan Bisnis Ritel: Tradisional Vs Modern (The Competition of Retail Business: Traditional vs Modern., Fokus Ekonomi., Vol. 6 No. 1 Juni 2011 : 122

Rotman, R., Guasmin, G., & Yusuf, D. (2019). Analisis Sistem Pemberian Kredit Pada PT. Bank Sulteng. Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyowati, Y. (2017). Pencatatan Pelaporan Keuangan Umkm (Study Kasus Di Kota Malang). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 5(2), 49-55.

Swasta, Basu. 1993. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberti.

Setiaji, W., Handayani, M., & Sulistianingsih, D. (2021). Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana pada Pelaku UMKM sebagai Syarat Pengajuan Kredit. Jurnal Bina Desa, 3(2), 133-139.