Pengendalian Internal Pada Kas BUMDES “Bareng Nyawiji” Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali

Main Article Content

Maria Entina Puspita
Erna Sudarmawanti

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialiasi dan pelatihan pengendalian internal pada kas serta identifikasi permasalahan dalam pengelolaan kas pada anggota pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) “Bareng Nyawiji” Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan dengan cara presentasi, diskusi dan simulasi. Sasaran kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bagi seluruh anggota pengurus BUMDES “Bareng Nyawiji” Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan seluruh anggota pengurus BUMDES mampu mengelola kas yang dimiliki dengan maksimal, serta memulai disiplin dalam pencatatan pembukuan yang tertata, khususnya dalam pengelolaan penerimaan dan pengeluaran kas, sehingga dapat pula menyusun laporan keuangan yang mendukung pengambilan keputusan operasional usaha. Kegiatan ini dimulai dengan membantu anggota pengurus BUMDES mengidentifikasi kas dan biaya dalam kebutuhan usaha, melakukan pencatatan pembukuan yang lebih tertata sampai mampu menyusun laporan keuangan BUMDES secara sederhana. Tidak lanjut dari kegiatan ini adalah pembinaan dan pendampingan berkelanjutan sehingga seluruh anggota pengurus BUMDES ini benar-benar dapat melakukan pembukuan dan pengendalian kas usaha secara mandiri hingga dapat menyusun laporan keuangan BUMDES.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Puspita, M. E., & Erna Sudarmawanti. (2023). Pengendalian Internal Pada Kas BUMDES “Bareng Nyawiji” Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 257–272. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1575
Section
Articles

References

COSO Internal Control. (2013). Integrated Framework Principle.

Dewi. (2018). Evaluasi Pengendalian Internal Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas Badan Usaha Milik Desa (Studi Kasus di Badan Usaha Milik Desa Binangun Mandiri Sejahtera, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta). Universitas Sanata Darma, Yogyakarta.

Diana, & Lilis. (2010). Sistem Informasi Akuntansi. Penerbit Andi.

Hartono. (2013). UMKM: Pencatatan Transaksi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Hery. (2011). Auditing I: Dasar-dasar Pemeriksaan Akuntansi. Penerbit Kencana.

Karyawati. (2008). Akuntansi Usaha Kecil Untuk Berkembang. Penerbit PT Raja Grafindo.

Marsall, R., & Steinbart, P. J. (2014). Accounting Information System (13th ed.). Penerbit Salemba Empat.

Mulyadi. (2010). Auditing (6th ed.). Penerbit Salemba Empat.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi (4th ed.). Penerbit Salemba Empat.

Peraturan Menteri Desa Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa. (2015).

Soemarso. (2010). Akuntansi: Suatu Pengantar (Jilid 1. E). Penerbit Salemba Empat.

Wahyuni. (2014). Sistem Pembukuan Dalam Rangka Pemenuhan Kewajiban Pajak di Kalangan UMKM Kecamatan Tingkir. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.