Pendampingan Ekonomi Kreatif Pembuatan Inovasi Mie Sehat Sayuran Hijau (Green Vegetable) Pada Remaja Di Kelurahan Tawang Rejo

Main Article Content

Siti Afifah
Sigit Priyono
Khafid Ismail
Desi Ayu Lestari

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah (1) Memberikan informasi, pengetahuan dan ketrampilan kepada remaja di Kelurahan Tawang Rejo, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur khususnya remaja  tentang inovasi pembuatan mie dari pemanfaatan sayur hijau (Green Vegetable) (2) Mendampingi remaja di Kelurahan Tawang Rejo, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur membuat mie dari sayur bayam, (3) Mendorong pengembangan usaha home industri pengolahan mie dari sayur bayam sehingga dapat membuka kesempatan kerja, swadaya masyarakat dan pendapatan masyarakat di Kelurahan Tawang Rejo, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur. Target khususnya adalah para remaja yang ada di Kelurahan Tawang Rejo, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi (1) Penyuluhan dan diskusi dengan remaja tentang inovasi pengolahan sayur hijau menjadi mie, (2) Praktek langsung pembuatan mie dari sayur bayam. Pengabdian ini dirasakan sangat bermanfaat bagi remaja untuk tambaha pengetahuan inovasi pembuatan mie dari pemanfaatan sayuran hijau yang ada disekitar rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siti Afifah, Sigit Priyono, Khafid Ismail, & Desi Ayu Lestari. (2023). Pendampingan Ekonomi Kreatif Pembuatan Inovasi Mie Sehat Sayuran Hijau (Green Vegetable) Pada Remaja Di Kelurahan Tawang Rejo. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 463–466. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i3.1745
Section
Articles

References

Afifah, S, Ismail K, Irawan. 2020. “Pentingnya Perencanaan Bisnis Bagi Pengusaha Klanting Di Desa Banuayu Kec. Bp. Peliung Kab. Oku Timur”.Jurnal Indonesia Mengabdi.2(1), 20-22.

Afifah, s, Sinta, V, Priyono, S, & Mushofa, D. 2022. Pendampingan Ekonomi Kreatif pembuatan Serbuk Jahe Merah Bagi Remaja Dan Ibu Rumah Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Tawang rejo. Zamada : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Page 76-80.

Muhtadi, Rauf R, Harismah K, Saifuddin. 2016. Pengembangan Produk Olahan Tepung Sayuran Di Desa Sindon Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Warta LPM, 19(1): 83-89.

Trisia, A, Indria A, Dian K. 2018. “Keterampilan Pengolahan Mie Sehat Dari Sayur Sawi”.

Wipradnyadewi, P.A.S. 2017. “Pelatihan Pembuatan Mie Dari Sayur Bayam Di Desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung”. Vol.16. No.3.