Optimasilasi Nilai Produk Melalui Perizinan P-IRT Pada IKM Keripik Bu Saroh Di Dusun Kumpul Sari

Main Article Content

Rafika Rahmadani
Miftakhur Rohmah
Rusmiati Rusmiati

Abstract

Meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap pangan menjadikan pelaku usaha yang bergerak dalam bidang kuliner berperan penting dalam penyediaan makanan untuk memenuhi permintaan konsumen. Sehingga dalam hal ini menjadi perhatian dan tugas penting bagi seluruh pihak baik pemerintah maupun produsen makanan untuk menjaga keamanan pangan yang diproduksinya serta distribusinya mampu menembus skala nasional. Keripik Bu Saroh di Desa Kumpul Sari merupakan salah satu pelaku usaha yang memproduksi keripik dari olahan umbi-umbian. Pelaku usaha ini cukup terkenal dan sering dikunjungi masyarakat. Namun produk keripik yang dihasilkan belum memiliki surat izin P-IRT dimana PIRT merupakan bentuk jaminan dari pemerintah mengenai makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah  dengan melakukan sosialisasi tentang PIRT dan prosedur mendapatkan PIRT pada IKM Keripik Bu Saroh. untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan kinerja pemasaran. Melalui pengabdian ini terjadi peningkatan nilai produk dengan memperoleh izin PIRT dan jangkauan pasar yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rafika Rahmadani, Miftakhur Rohmah, & Rusmiati, R. (2023). Optimasilasi Nilai Produk Melalui Perizinan P-IRT Pada IKM Keripik Bu Saroh Di Dusun Kumpul Sari . Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 454–462. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i3.1747
Section
Articles

References

Doyan, A., Garnasih, I., Algifaari, M. A., Alam, R. B., Hotimah, H., Apriana, N. B., ... & Pratiwi, A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Keripik Jagung (Zea Mays L.) dengan Bebrbagai Varian Rasa di Desa Babussalam, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1)

Epriliyana, N. N. (2019). Urgensi Ijin Keamanan Pangan (P-IRT) Dalam Upaya Membangun Kepercayaan Konsumen Dan Meningkatkan Jaringan Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 21-31.

Herlina, N., & Yulia, A. (2020). Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Miskin Melalui Legalitas Produk Pangan Industri Rumah Tangga (Home Industry). Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 8(2), 230- 244.

Prasetyaningsih, I., Murtini, U., & Hediono, B. P. (2020). Penguatan Organisasi Dan Proses Pengurusan P-Irt Kelompok Usaha Salak Desa Girikerto Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2), 49–54.

Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). 633–642.

Ummah, K. (2020). Implementasi Pasal 4 UndangUndang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Terhadap Produk UMKM Pangan Kemasan di Kabupaten Bantul