Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Pada Pelaku UMKM Kelurahan Tingkir Tengah

Main Article Content

Joko Pramono
Maria Entina Puspita

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan penyusunan laporan keuangan sederhana pada pelaku UMKM Kelurahan Tingkir Tengah, Kota Salatiga. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan dengan cara presentasi, diskusi dan simulasi. Sasaran kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bagi pelaku UMKM yang berada di wilayah Kelurahan Tingkir Tengah, Kota Salatiga. Melalui kegiatan sosialiasi dan pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM mampu mengelola kas yang dimiliki dengan maksimal serta memulai disiplin dalam pencatatan pembukuan sederhana yang tertata sehingga  dapat pula menyusun laporan keuangan usaha secara sederhana yang mendukung pengambilan keputusan operasinal usaha. Kegiatan ini dimulai dengan membantu pelaku UMKM mengidentifikasi kas dalam kebutuhan usaha, melatih proses pencatatan transaksi sampai dengan penyusunan laporan keuangan sederhana. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM tersebut mampu mengidentifikasi kas dan biaya dalam usaha, melakukan pencatatan pembukuan yang lebih tertata sampai mampu menyusun laporan keuangan secara sederhana. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pembinaan dan pendampingan berkelanjutan, sehingga peserta pendampingan pelaku UMKM tersebut benar-benar dapat melakukan pembukuan usaha secara mandiri hingga dapat menyusun laporan keuangan sederhana. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Joko Pramono, & Puspita, M. E. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Pada Pelaku UMKM Kelurahan Tingkir Tengah. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 514–523. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i3.1818
Section
Articles

References

Fauziah. (2015). Karakteristik Perusahaan, Karakteristik pelaku usaha dan pencatatan transaksi pada UMKM di Kelurahan Tingkir Kota Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

IAI. (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah -Ikatan Akuntan Indonesia.

Puspita, M. E., & Pramono, J. (2019). Factors affecting the use of accounting information in small and medium enterprises (SMEs): a study on SMEs in Tingkir, Salatiga. TIAR (The Indonesian Accounting Review), 9(2), 207–225.

Puspita, M. E., & Wardani, B. K. (2022). Mental Accounting and Business Decision-Making within SMEs: A Covid-19 Pandemic Phenomenon. Journal of Accounting and Strategic Finance, 5(1), 151–178.

https://smesco.go.id/