Psikoedukasi Pencegahan College Loneliness

Main Article Content

Siti Hajar Auliannisa
Salsabila Slamet Riady
Putri Ihlasul Ummah
Ahmad Ridfah
Ismalandari Ismail

Abstract

Psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus upaya preventif bagi mahasiswa perguruan tinggi yang mengalami college loneliness agar dapat mengurangi dampak negatifnya bagi kesehatan mental mahasiswa. Partisipan merupakan mahasiswa yang ada di seluruh perguruan tinggi dan berada di rentang usia 17-25 tahun. Psikoedukasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahamana mahasiswa terkati bagaimana caranya mengatasi college oneliness dan mengurangi resiko terkenan depresi, kecemasan, dan gangguan mental yang lebih berat. Psikoedukasi ini dilaksanakan selama lima hari. Setelah program psikoedukasi dilaksanakan, terdapat peningkatan motivasi dari para mahasiswa untuk memperbaiki kondisi sosioemosionalnya dan menjalin koneksi yang lebih positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siti Hajar Auliannisa, Salsabila Slamet Riady, Putri Ihlasul Ummah, Ridfah, A., & Ismalandari Ismail. (2023). Psikoedukasi Pencegahan College Loneliness. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 524–530. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i3.1830
Section
Articles

References

Burger, J. M. (2008). Personality. Seventh Edition. United States: Thompson

Bruno, F.J. (2000). Menaklukkan Kesepian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Peplau L. A. & Perlman, D. (1979). Blueprint for social psychology theory of loneliness. England: Permagon.

Rottenberg, K. J. & Hymel, S. (1999). Loneliness in Childhood and Adolescence. Cambridge

Wei, M., Russel, D. W., & Zakalik, R. A. (2005). Adult Attachement, social self Efficacy, self disclosure, Loneliness, and Subsequent depression for Freshman College students: a Longitudinal Study. Journal of counseling Psychology. Vol 2 no.4. (604-614).

Yurni. (2015). Perasaan kesepian dan self-esteem pada remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 15 (4).