Sosialisasi Kewirausahaan dan Pembelajaran Edukatif Bagi Masyarakat dan Anak anak di Kelurahan Paluh Kemiri, Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang

Main Article Content

Diana Suita
Liza Fitriana
Haida Dafitri
Johan Oberlyn Simanjuntak
Simon Petrus Simorangkir

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat  ini, yaitu: memberikan wawasan kewirausahaan serta penggunaan pembelajaran edukatif bagi mayarakat dan anak – anak terkait wawasan kewirausahaan  berbasis pembelajaran edukatif bagi masyarakat dan anak anak  di Kelurahan Paluh Kemiri , Lubuk Pakam, Deli Serdang. Metode pengabdian yang digunakan berupa sosialisasi dan Presentasi, diskusi, Tanya jawab penerapan  media pembelajaran edukatif berbasis  kewirausahaan. Hasil yang dicapai pada pelaksanaan pengabdian masyarakat  di Jalan Keluarga Gang Haji Tasmi, Lingkungan 3 di Kelurahan Paluh Kemiri , Lubuk Pakam, Deli Serdang penerapan  media pembelajaran  edukatif  berbasis wawasan kewirausahaan  untuk guru baik guru TK, SD dan Madrasah dan para masyarakat petani, pedagang, pegawai swasta, adalah guru dan masyarakat  dapat memahami dan menerapkan berbagai wawasan kewirausahaan dalam pembelajaran edukatif baik itu di sekolah dan di luar sekolah , baik media pembelajaran untuk anak anak usia dini itu luas, bukan hanya media yang sengaja dirancang dan di desain oleh guru saja akan tetapi benda apapun bisa dijadikan media pembelajaran selagi benda itu memiliki nilai edukasi. Selain itu kenyataannya bahwa pada dasarnya wawasan kewirausahaan membutuhkan arahan, bimbingan untuk diterapkan,  dikembangkan secara lebih lanjut lagi yang bermanfaat pada generasi Z dalam membentuk pendidikan /pembelajaran  kreatif sangatlah penting, dengan cara memberikan dukungan ruang eksplorasi, inspirasi dan sangatlah penting dapat mengembangkan anak anak dalam hal kreativitas, kolaborasi, kemandirian, serta rasa percaya diri. Hal ini sungguh dapat mengembangkan pendidikan yang kreatif bagi generasi Z ( yang lahir tahun 1995 hingga 2021). Mereka era digital,  dan dapat di laksanakan di sekolah ataupun luar sekolah dan di rumah serta keberadaan kewirausahaann existensinya dalam kehidupan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Diana Suita, Liza Fitriana, Haida Dafitri, Johan Oberlyn Simanjuntak, & Simon Petrus Simorangkir. (2023). Sosialisasi Kewirausahaan dan Pembelajaran Edukatif Bagi Masyarakat dan Anak anak di Kelurahan Paluh Kemiri, Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 129–142. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i1.2476
Section
Articles

References

Asnawir, Basyiruddin. Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat.

Budiyarti, Sri. (2014). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Heny, (2012). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Pengorganisasian Business Center SMK Mart, Journal of Economic Education. Volume 1. No 2. Halaman 123-129.

Novita, Windya. (2007). Serba Serbi Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Saiman, Leonardus. (2009). Kewirausahaan Teori, Praktik, dan Kasus- kasus. Penerbit: Salemba Empat .

Suparyanto. (2013). Kewirausahaan (Konsep dan Realita pada Usaha kecil). Bandung: Alfabeta

Supriyatingsih, (2012). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa Melalui Praktik Kerja Industri, Journal Of Economic Education. Vol. 1. No. 2. Hal. 103-109.

Sofiana, Ade. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kreativitas terhadap Jiwa Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK N 11 Semarang. Skripsi.

www. Wikipedia. Lubuk Pakam

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.