Pelatihan Penyusunan Anggaran Produksi Pada Pemilik Usaha Batu Bata di Kelurahan Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa

Main Article Content

Anwar Anwar
Sitti Hasbiah
Nurhaedah Nurhaedah
Ilma Wulansari Hasdiansa
Zainal Ruma
Nurman Nurman

Abstract

Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah usaha kecil dan mikro yang dimiliki Batu Bata. Perusahaan mitra masih dikelola dengan cara tradisional, kurang perhitungan atau penganggaran yang baik. Membekali pemilik usaha dengan pengetahuan ini akan sangat membantu mereka mengembangkan profesionalisme dalam mengelola bisnis. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memotivasi pemilik usaha pembuatan batu bata agar memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan agar mampu menyusun anggaran produksi yang akurat, yang merupakan prasyarat bagi perkembangan usahanya. Pengabdian ini menggunakan kombinasi metode ceramah, latihan, dan diskusi. Pesertanya adalah para pemilik usaha batu bata di Kecamatan Limbung Kec. Bajeng, Kab. Gowa. Teknik pelaksanaan kegiatan ini meliputi tiga tahap yang dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi kegiatan. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah (1) Pemilik usaha memahami unsur-unsur penganggaran, (2) dapat mencatat pendapatan sebagai dasar perkiraan pendapatan di masa depan, (3)mengetahui sistem penganggaran produksi. Keterbatasan dalam pelatihan ini adalah metode pelaksanaan belum menggunakan teknik pendampingan, sehingga pengetahuan tentang penyusunan anggaran produksi dapat diimplementasikan dalam aktivitas usaha

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anwar, A., Hasbiah, S., Nurhaedah, N., Hasdiansa, I. W., Ruma, Z., & Nurman, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Anggaran Produksi Pada Pemilik Usaha Batu Bata di Kelurahan Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 124–128. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i1.2484 (Original work published November 23, 2023)
Section
Articles

References

Sari, N., dan Setyawan, A. B. 2012. Persepsi Pemilik Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi. Universitas Gunadarma.

Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Di Indonesia: Isu-Isu Penting. LP3ES. Jakarta.

Efriandy, I., Mukhtaruddin, M., & Yusuf, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Anggaran Biaya Produksi pada UMKM Batu Bata di Kelurahan Talang Jambe Kota Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3).

Wuryandini, A., & Pakaya, L. (2022). Pelatihan Penyusunan Anggaran Produksi dan Anggaran Penjualan Sebagai Alat Perencanaan dan Pengendalian Biaya Bagi Para Pelaku Bisnis, Home Industry dan UMKM. Mopolayio: Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(2), 137-140.