Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Story Line 3 Bagi Guru SD 14 Pangkalpinang

Main Article Content

Feri Ardiansah
Nurjanah Nurjanah

Abstract

Permasalahan yang terdapat di SD Negeri 14 Pangkalpinang adalah beberapa guru mempunyai keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Dalam pengabdian ini diadakan Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Story Line 3, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pandangan kepada guru dalam mendesain materi pembelajaran menjadi praktis dan menyenangkan. Teknik analisis situasi yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan hasil yang di dapat beberapa belum mengakses pola pembelajaran interaktif yang memanfaatkan teknologi sehingga memberikan tugas-tugas.. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yaitu reduction data, display data, dan conclusion drawing/verivication. Hasil evaluasi dari kegiatan pengabdian ini adalah 90% audien (guru) menganggap materi sosialisasi media interaktif berbasis Articulate Story Line 3 sangat layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar, sedangkan 10% audien (guru) menyatakan cukup layak digunakan dengan alasan: keterbatasan waktu dan pengaplikasian software cukup rumit untuk peserta yang baru mengenal software ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ardiansah, F. ., & Nurjanah, N. (2023). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Story Line 3 Bagi Guru SD 14 Pangkalpinang. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 168–173. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i1.2550
Section
Articles

References

Amiroh. 2020. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.

Apin Nafisah Yasin. 2017. ‘Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA’, Jurnal BioEdu. 6 (2). hlm. 170.

Dewi Surani. 2019. ‘Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidika 4.0’, Prosiding Seminar Nasional FKIP. 2 (1). hlm. 456.

Maulina Hendrik. 2014. Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Cerita Pendek Berbasis Pendekatan Saintifik’, Tesis yang diterbitkan, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia.

Naufan Abgis Salam. 2017. ‘Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 2 pada Mata Pelajaran IPS Materi Keadaan Alam Indonesia Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017 di MTS Negeri Sumbang Kabupaten Bayumnas’, Skripsi yang diterbitkan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.