Bincang Komunikasi: Membangun Komunikasi Efektif di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulsel

Main Article Content

Widyastuti Widyastuti
Kartika Cahyaningrum
Rina Dwi Pramesti Muhtar
Regina Hijrani
Nurafika Nurafika
Nurul Azizah Wahdini
Andi Nur Qalbi Jaya

Abstract

Komunikasi merupakan suatu pesan yang disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lainnya dengan tujuan untuk memberitahukan atau untuk mengubah pendapat, sikap, atau perilaku, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan, dapat diterima dengan tepat oleh pihak penerima komunikasi. Kesalahan dalam berkomunikasi akan dapat menimbulkan kesalahpahaman diantara kedua belah pihak. Hal ini apabila terjadi di dalam suatu organisasi, akan dapat mengganggu kinerja organisasi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi terjadinya komunikasi yang tidak efektif adalah dengan melakukan penyamaan persepsi diantara anggota organisasi. Tujuan dari seminar BISIK (Bincang Komunikasi Asik) adalah untuk memberikan pemahaman tentang komunikasi efektif dan peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal dalam konteks relasi dalam kelompok. Seminar diikuti sebanyak 21 peserta dan dilakukan dalam bentuk psikoedukasi melalui kegiatan seminar dan Role Play yang dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis Penilaian Potensi dan Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil yang diperoleh setelah melakukan seminar BISIK yaitu adanya ilmu dan praktik langsung melalui games yang membuat mereka lebih mempererat jalinan komunikasi antar sesama pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widyastuti, W., Kartika Cahyaningrum, Rina Dwi Pramesti Muhtar, Regina Hijrani, Nurafika, N., Nurul Azizah Wahdini, & Andi Nur Qalbi Jaya. (2023). Bincang Komunikasi: Membangun Komunikasi Efektif di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulsel. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 180–187. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i1.2575
Section
Articles

References

Dwyer, D. (2000). Interpersonal Relationship. London : Routledge Taylor & Francis Group

Hanif, M. A., Wolor, C. W., & Marsofiyati, M. (2023). Analisis keefektifan komunikasi pada bagian umum PT X. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 196-205.

Lawasi, E. S., & Triatmanto, B. (2017). Pengaruh komunikasi, motivasi dan kerjasama tim terhadap peningkatan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMDK), 5(1), 47-57.

Lestari, J., Lestari, S. T., & Ardiningrum, A. (2023). Komunikasi dalam transformasi budaya perusahaan terhadap karyawan. Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(1), 28-33.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setiyanto, D. A. (2014). Pengaruh komunikasi efektif terhadap kinerja karyawan (studi kasus pada karyawan cv wisesa tani mukti ponorogo). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2), 1-15.

Syam, R., Auliyah, H., Gaffar, S. B., Lestari, M. D., & Arafah, M. (2023). Psikoedukasi membangun komunikasi interpersonal untuk lingkungan kerja yang positif di SIT Nurul Fikri Makassar. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6: Juli), 584-590. ISSN: 2828-6634

Zulfiani, H., Risqi, M., & Ramadhan, J. M. (2021). Kohesivitas kelompok ditinjau dari komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi pada organisasi mahasiswa . Psyche 165 Journal, 14(1), 53–58.