Pemberdayaan Kewirausahaan Dengan Pelatihan Pembuatan Paper Bag Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Parsaoran Ajibata

Main Article Content

Romindo Pasaribu
Dame Ria Rananta Saragi
Herry D S Pasaribu
Vinsensius Matondang

Abstract

Program PKK Mewujudkan Lingkungan Bersih, adapun 10 program pokok PKK yaitu: Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat. Pelatihan yang dimaksud bertujuan untuk melatih ibu-ibu agar lebih mandiri dan mampu menghasilkan pendapatan atau penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan rumah tangga, seperti “Membuat Paper Bag”


Paper bag adalah tas yang terbuat dari kertas dan bisa digunakan untuk membawa barang. Selain bisa untuk membawa barang, tas ini juga biasa digunakan untuk wadah cenderamata atau hadiah. Cara Membuat Paper bag dari kertas kado juga mudah sekali dipraktikkan. Penggunaan kantong kresek tidak lagi disarankan atau dianjurkan saat ini, lebih baik gunakan paper bag. Limbah dari kertas paper bag juga lebih mudah dihancurkan daripada kresek. Apalagi cara membuat paper bag dari kertas kado bisa dipraktikkan di rumah, jadi tidak perlu untuk membelinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pasaribu, R., Saragi, D. R. R. ., Pasaribu, H. D. S. ., & Matondang, V. (2022). Pemberdayaan Kewirausahaan Dengan Pelatihan Pembuatan Paper Bag Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Parsaoran Ajibata . Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 131–135. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i2.293
Section
Articles

References

Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

_______,https://www.merdeka.com/sumut/2-cara-membuat-paper-bag-yang-murah-dan-mudah-dipratikkan-kln.html, diakses pada 25 Januari 2022.

______, https://jraganan.desa.id/330-2/, diakses pada 25 Januari 2022.