Bimbingan Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Sinta Pada Mahasiswa S1 Kota Medan

Main Article Content

Rismayanti Rismayanti
Rita Zahara
Badrul Helmi

Abstract

Jurnal bereputasi sinta merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh kemneterian pendidikan guna mengembangkan publikasi ilmu pnegtahuanj kepada khalayak ramai. Namun demikian tidak semua mahasiswa sudah paham mengenai kegiatan publikasi. Banyak mahasiswa yang masih membutuhkan bimbingan dan arahan.  Kegiatan publikasi artikel ilmiah terindeks sinta merupakan upaya yang dilakukan oleh para dosen terhadap mahasiswa yang memiliki kebutuhan publikasi ilmiah untuk keperluan kegiatan kampus maupun publikasi terhadap hasil penelitian yang telah dilaksnakan. Kegiatan ini menjadi pilihan dari kegiatan pengabdian karena kebutuhan mahasiswa akan adanya kegiatan bimbingan agar mahasiswa lebih maju dalam bidang publikasi artikel ilmiah. Metode pengabdian yang dilakukan adalah FGD, pelatihan intens, selama dua hari kemudian monitoring dan evaluasi selama tiga bulan. Hasil pengabdian yang didapat adalah mahasiswa cenderung memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda antara satu dnegan yang lainnya, metode yang paling efektif yang dilakukan adalah metode tatap muka. adanya perubahan yang signifikan pada mahasisswa, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rismayanti, R., Zahara, R., & Helmi, B. (2023). Bimbingan Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Sinta Pada Mahasiswa S1 Kota Medan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 247–257. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i1.3134
Section
Articles

References

Arifin, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Publikasi Artikel Ilmiah Mahasiswa S1 di Universitas Negeri Medan: Studi Kasus pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra, Vol. 10, No. 2, 145-158.

Dessler, G. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Indeks Pustaka Utama.

Gomes, L. C. (2013). Menejemen Sumber Daya Manusi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hollander, J. (2017). Focus Group Discussion: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sembiring, E. (2023). Model Pendampingan Terstruktur untuk Meningkatkan Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Sinta dan Garuda pada Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Komunikasi dan Media, Vol. 25, No. 1 .

Siagian, S. P. (2018). Manajemen program pembangunan. Jakarta: PT Rineka Cipta.