Peran Pemerintah Desa Kradenanrejo Untuk Menciptakan Pembelajaran Online Bersama (Onsam) Pada Masa Pandemi

Main Article Content

Ifa Nur Azizah Ifa Nur Azizah
Achmad Room Fitrianto

Abstract

Pandemic covid-19 mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia dari bidang ekonomi, sosial, pendidikan, lingkungan, kesehatan, bahkan sampai religius. Ini semua bisa dilihat bahwa kita dibatasi beraktifitas yang tujuanya adalah untuk menekan laju penularan. Namun hal seperti ini masih bisa disiasati dengan semua aktifitas dilakukan secara online, misalnya dalam dunia pendidikan yang dahulunya dilakukan secara luring atau tatap muka secara langsung dalam satu ruangan kelas kini berubah menjadi dilakukan secara daring. Masyarakat Desa Kradenanrejo, Kecamatan Kedungping, Kabupaten Lamongan mengalami hal yang sama. Yang pada saat pendemi ini banyak anak-anak yang aktifitas belajarnya dilakukan secara online tanpa adanya tatap muka. Akan tetapi tidak sedikit anak yang menjalankan tugasnya sebagai pelajar dan malah mengunakan kesempatan online ini untuk bermaian game maupun sosial media. Maka dari itu perlunya ada pemantauan dan sosialisasi yang dilakukan untuk masyarakat Desa terhadap pentingnya pendidikan di masa pandemic. Dari itu penulis mengajak masyarakat setempat ikut dalam partisipatoris kegiatan dengan cara mengunakan metode pengabdian PRA (Participatory Rural Apprasional). Penulis menjadi fasilitator bagi masyarakat desa untuk menyusun program belajar Online Bersama (ONSAM). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai penunjang proses pembelajaran anak atau peserta didik yang harus melakukan pembelajar online. Maka dari itu selain perlu adanya sosialisasi terhadap masyarakat Desa, juga perlu adanya pelatihan kepada pemuda desa setempat untuk membantu mengajar peserta didik. Harapan dari kegiatan ini adalah anak-anak desa dapat memperoleh pendidikandengan semestinya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ifa Nur Azizah, I. N. A., & Achmad Room Fitrianto. (2022). Peran Pemerintah Desa Kradenanrejo Untuk Menciptakan Pembelajaran Online Bersama (Onsam) Pada Masa Pandemi. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 204–212. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i2.347
Section
Articles

References

Achmad Room Fitriyanto. 2021. “Sustainable Livelihood Approach Addressing Community’s Economic Distress Facing the Covid-19, Advances in Economics, Business and Management Research.” 177.

Astini K. 2020. “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.” Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (2):241–55.

Bambang H, Pande M. K, Setiadi, Agus I. Zamzam F.,Mubarika Dyah F. N, Wiwik S.,Muhamad Y. 2019. “Participatory Rual Appraisal (PRA) Untuk Pembangunan Desa Wisata Di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul, Bakti Budaya.” 99–112.

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, and Barokah Widuroyekti. 2020. “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Sinestesia 10(1):41–48.

Luh D. H, Nurhasanah, Maria E.S, Heru K. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nakayama M, Yamamoto H. 2007. “The Impact of Learner Characterics on Learning Perfomance in Hybrid Courses among Japanese Students.” Elektronic Journal E- Learning 5 (3) No.1.

Qoriawati, Uhlul. 2021. “Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring Bagi Peserta Didik MI/SD Pada Masa Pandemi Covid-19.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 3(1):10–17. doi: 10.30599/jemari.v3i1.769.

Sobana. 2020. “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur, Jurnal Pendidikan Indonesia.” 1 No. 1.

Yasni A. 2020. “Media Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Online Learning Media during the Coronavirus Disease.” 02 No. 1.