Pelatihan Budaya dan Etos Kerja pada Karyawan Perkebunan di Desa Melo, Kabupaten Manggarai Barat

Main Article Content

Lena Ellitan
Lina Anatan

Abstract

Budaya dan etos kerja memiliki peran penting dalam mempengaruhi motivasi kerja karyawan dan menjadi faktor penentu tinggi atau rendahnya kinerja karyawan. Mengingat pentingnya budaya dan etos kerja, pelatihan tentang budaya dan etos kerja penting diberikan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman sehingga dapat memotivasi karyawan dan meningkatkan kinerja karyawan. Pelatihan budaya dan etos kerja dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2024 dengan peserta pelatihan meliputi pengurus, manajer, teknisi, dan para karyawan perkebunan di Desa Melo, Kabupaten Manggarai Barat. Berdasarkan hasil berbagi pengalaman antar pengurus, manajer, teknisi, dan karyawan dapat diidentifikasi beberapa hal penting untuk pengembangan sumber daya manusia meliputi: 1) perlunya aspek kesetiaan dan dedikasi sumber daya manusia terhadap organisasi, 2) perlunya keseimbangan dalam pemberian upah bagi karyawan perkebunan, 3) perlunya peningkatan sarana dan prasaranan perkebunan, 4) perlunya kejelasan dalam struktur kerja karyawan. Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa para peserta menilai pelatihan sangat bermanfaat dan memberikan pemahaman peserta tentang pentingnya budaya dan etos kerja dalam memotivasi dan mempengaruhi kinerja karyawan. Secara spesifik, pelatihan dinilai memberikan tambahan pengetahuan khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawan perkebunan secara khusus dan masyarakat Flores secara umum. Dengan mempertimbangkan dampak positif kegiatan pelatihan ini, maka kegiatan penyegaran dan pelatihan serta diskusi lebih lanjut antara tim pendampung, pengurus, manajer, teknisi, serta karyawan perkebunan perlu dilaksanakan secara berkala dengan topik-topik sesuai kebutuhan karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ellitan, L., & Anatan, L. (2024). Pelatihan Budaya dan Etos Kerja pada Karyawan Perkebunan di Desa Melo, Kabupaten Manggarai Barat. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 548–554. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i3.3666
Section
Articles

References

Arwiki, W. 2015. Impact of Servant Leadership on Organization Culture, Organization Commitment, Organizational Citizenship and Employe Performance in Women Cooperative, Procedia-Social and Behavioral Sciencees, 219,pp.283-290.

Amirudding, 2019. Pengaruh Etos Kerja, Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor, (Jakarta: Qiara Media), pp. 10-12.

Dessler (2015), Dessler. Gary. 2015. Human Resources Management (Manajeme Sumber Daya Manusia), Edisi Empat Belas Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2006. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Sidik, S. 2012, Etos Kerja Pedagang Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi Rumah Tangga Muslim Studi pada Pasar Pasir Gintung Bandar Lampung. (Skripsi IAIN Bandar Lampung, 2012), hal. 17.

Widodo, D. S. (2017) ‘Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Kompensasi Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai “ Jurnal Manajemen Motivasi “ 13(2), pp. 896 - 908.