Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masjid Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Klambir V Kebun Kabupaten Deli Serdang

Authors

  • Kiki Hardiansyah Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Dini Vientiany Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisa Ilmi Farried Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.56799/joongki.v3i4.4731

Abstract

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Masjid diharapkan tidak hanya sekedar tempat ibadah seremonial, namun juga bisa dimaknai dalam berbagai aspek kehidupan. Diantaranya masjid digunakan sebagai upaya  pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan perekonomian umat, sebagai unit pelayanan zakat, infaq dan shodaqoh. Oleh karena itu, pemberdayaan yang dilakukan di Masjid Al-Manar menitikberatkan pada aspek pemberdayaan ekonomi umat, antara lain dengan menyediakan lapak bagi UMKM agar Jemaah Al-Manar atau Komunitas Kebun Klambir V dapat melakukan transaksi jual beli dan dalam memberdayakan masjid, harus disadari bahwa masjid mempunyai potensi besar yang jika dimanfaatkan secara maksimal setidaknya akan meningkatkan kesejahteraan penghuni masjid itu sendiri. Strategi yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat berbasis Masjid Perkebunan Al-Manar Kambir V menggunakan strategi 5P yang terdiri dari tahap pemberdayaan, tahap konsolidasi, tahap perlindungan, tahap dukungan dan tahap pemeliharaan. Temuan penelitian strategi pemberdayaan masyarakat berbasis masjid pada UMKM di Masjid Al-Manar antara lain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan akses sumber daya manusia, meningkatkan kesadaran kritis masyarakat dan meningkatkan keterlibatan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamid, N., Ningsih, D. Y., & Riyadi Agus. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Agrowisata Salak Wedi. Jurnal Pengabdian Keapada Masyarakat Indonesia EKALAYA, 1(3).

Riyadi, A., Malik, H. A., & Sugiarso. (2021). Pengembangan Ekonomi Masyarakat di Kampung Olahan Singkong, Wonosari, Nagaliyan, Semarang. Jurnal Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat, 6(2).

Suprihatiningsih. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Limbah Industri Tekstil di Desa Brumbung Mranggen Demak. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Walisongo Semarang

Wicaksono, K. A. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Wisata (DEWI) Menari Dusun Tanon Desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

zulfa, m. (2015). transformasi dan pemberdayaan umat berbasis masjid: studi pada masjid nurussa’adah salatiga. inferensi, 7(1).

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Siregar, K. H., Vientiany, D., & Farried, A. I. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masjid Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Klambir V Kebun Kabupaten Deli Serdang. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 686–691. https://doi.org/10.56799/joongki.v3i4.4731

Issue

Section

Articles