Meningkatkan Pemahaman Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Terhadap Bahaya Dan Dampak Permainan Judi Melalui Game Online
Main Article Content
Abstract
Perjudian melalui game online (cyber gambling) merupakan suatu bentuk permainan judi yang dimainkan secara online dengan mempergunakan computer atau telepon canggih/android serta di akses melalui penggunaan jaringan dari internet. Permainan judi online ini merupakan sebuah permainan yang setiap pemainnya meletakkan meja taruhannya terlebih dahulu kemudian memasuki kedalam meja taruhan dan menunjuk satu diantara banyaknya pilihan lain dan wajib menunjuknya dengan benar. Pemain yang menunjuk dengan benar maka ia menjadi pemenangnya, dan untuk para pemain yang tidak menunjuk dengan benar diwajibkan menyetorkan taruhannya sesuai dengan berapa jumlah uang yang telah disetujui. Ada beberapa jenis dari permainan judi online ini seperti game slot Gates of Olympus, Poker, Domino, Capsa, Casino, Bola, dan lain sebagainya. Dari beberapa jenis tersebut yang paling banyak diminati atau dimainkan oleh pelajar adalah yang jenis game slot gates of Olympus dan tentunya akan membawa dampak atau bahaya bagi pelajar apabila tidak dilakukan pencegahan sedini mungkin. Berdasarkan beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan game menimbulkan beberapa dampak yang buruk pada pelajar, karena adanya keinginan yang kuat untuk tidak memainkan judi online, sehingga membuat para pemainnya melakukan segala cara, misalnya seperti menggunakan uang untuk pembayaran uang sekolah dan menggadaikan bahkan menjual barang–barang yang berharga demi bermain judi online dan para pemainnya begadang sampai larut malam dan bahkan bisa melakukan kriminalitas, misalnya perkelahian, pencurian dan penodongan. Kegiatan ini akan memberikan pemahaman kepada pelajar akan bahaya permainan game online yang mengandung judi sehingga dengan kegiatan PPM yang dilakukan dapat mencegah atau meminimalisir pelajar untuk tidak mencoba permainan game online khususnya yang mengandung unsur judi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.