Edukasi Pacaran Sehat Terhadap Remaja di Kawasan Jalan Cenderawasih Kota Makassar

Main Article Content

Emanuel Omedetho Jermias
Abdul Rahman
Muh. Nur Awal

Abstract

Pada kalangan remaja, pacaran merupakan fenomena dan realitas yang harus diterima kehadirannya. Hal yang manusiawi ketika individu laki-laki dan perempuan tumbuh perasaan saling suka. Akan tetapi hubungan tersebut tetap harus mengedepankan nilai-nilai kesusilaan dan keadaban. Semua pihak menghendaki agar sebuah hubungan dapat terjalin secara harmonis tanpa memunculkan beban fisik dan psikis serta aib bagi diri dan keluarga. Atas dasar itu, maka selaku insan akademik, sudah menjadi tanggung jawab untuk saling berbagi kepada masyarakat, khususnya pada kalangan remaja di sekitar kawasan Jalan Cenderawasih mengenai pemahaman dan edukasi pacaran sehat. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya preventif dalam mencegah kehamilan pranikah. Kegiatan ini melibatkan sekitar 20 orang remaja. Kegiatan dilakukan dengan cara metode ceramah dan dialog. Para peserta menyambut antusias kegiatan ini dan bersedia terlibat lagi ketika ada kegiatan serupa. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Emanuel Omedetho Jermias, Abdul Rahman, & Muh. Nur Awal. (2022). Edukasi Pacaran Sehat Terhadap Remaja di Kawasan Jalan Cenderawasih Kota Makassar. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 393–399. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.829
Section
Articles

References

Bayu, A. (2021). Internalisasi Pendidikan Akhlak Terpuji Dalam Membentuk Kepribadian Santri Di Pondok Pesantren Surya Agung Perdagangan ii Kec. Bandar Kab. Simalungun. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Dan Humaniora, 1(01), 18.

Daud, M. (2016). Perilaku Pacaran Dikalangan Remaja SMP Negeri 1 Belat di Desa Penarah Kecamatan Belat Kabupaten Karimun. Naskah Publikasi. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang.

Gunarsa, S. D. (2004). Dari Anak Sampai Usia Lanjut: Bunga Rampai Psikologi Anak. Yogyakarta: BPK Gunung Mulia.

Hildayani, R., Sugianto, M., Tarigan, R., & Handayani, E. (2014). Psikologi perkembangan anak.

Jannah, M. (2017). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(1).

Kuswandi, K., Ismiyati, I., & Rumiatun, D. (2019). Analisis Kualitatif Prilaku Seks Bebas Pada Remaja Di Kabupaten Lebak. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 14(1), 18–24.

Qomariah, S. (2020). Pacar Berhubungan dengan Perilaku Seks Pranikah pada Remaja. Jurnal Kesmas Asclepius, 2(1), 44–53.

Saroni, A. (2022). Badai Bahtera Rumah Tangga & Solusinya: Catatan Harian Sang Penghulu. Makassar: Nas Media Pustaka.

Sirojammuniro, A. (2020). Analisis Pola Perilaku Pacaran pada Remaja. Academic Journal of Psychology and Counseling, 1(2), 121–138.

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1–15.

Verauli, R. (2013). Love Cold. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijayanti, A. C., & Robi’I, P. H. R. (2017). Hubungan Antara Sikap Dan Peran Teman Sebaya Dengan Perilaku Pacaran Remaja Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 4(3), 206–211.