Pelatihan Diklat SSG Angkatan 37 sebagai Pembentukan Karakter BAKU di Pesantren Daarut Tauhid Bandung

Main Article Content

Elis Mila Rosa
Rizal Samsul Mutaqin

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  bagaimana bentuk pelatihan SSG itu kemudian landasan apa yang digunakan di balik pelaksanaan pelatihan SSG di Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung serta apakah dasar tersebut benar-benar di terapkan pada kegiatannya atau tidak. Peneliti menggunakan metode deskriftif kualitatif untuk bisa menggambarkan serta menjelaskan data-data yang telah diperoleh dari partisipan korps pelatih SSG serta para alumni peserta SSG angkatan 37 mengenai penerapan hadis yang disalurkaan terhadap pelatihan SSG yang berbasis keagamaan untuk membentuk karakter baik dan kuat yaitu melalui wawancara online serta pengamatan peneliti. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelatihan SSG merupakan salahsatu kegiatan pelatihan yang mampu memberikan efek positif bagi para pesertanya kemudian dasar pemikiran SSG sering menggunakan hadis tentang muslim yang kuat lebih dicintai Allah swt. hal ini dilihat bahwa hadis ini paling sering disampaian SSG kemudian keterkaitan antara hadis ini dengan kegiatan SSG dilihat dari isi kegiatannya, nilai yang ditanamkan dalam program pelatihannya itu wujud dari hadis tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Elis Mila Rosa, & Rizal Samsul Mutaqin. (2022). Pelatihan Diklat SSG Angkatan 37 sebagai Pembentukan Karakter BAKU di Pesantren Daarut Tauhid Bandung. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 562–578. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.955
Section
Articles

References

Akun Instagram “ssg-dt.” (n.d.).

Al Quzwaini, A. A. M. bin Y. bin A. bin M. (2009). Sunan Ibn Majah. Darr Ibn Jauzi.

Al-Hadis An Nawawi, “Cari Hadis.com.” (n.d.). Https://Carihadis.Com/SyarhShahihMuslimNawawi/ 4019,.

An Naisaburi, al I. A. H. M. bin al H. al Q. (2016). Shahih Muslim. Darr Ibn Jauzi.

Departemen Pendidikan Dan Pelatihan Pondok Pasantren Daarut Tauhiid. (2005). Panduan Operasional Panitia Pendidikan Dan Pelatihan Santri Siap Guna. Departemen Pendidikan Dan Pelatihan Pondok Pasantren Daarut Tauhiid.

Ekamia, G. L. (2019). Pengaruh Pendidikan dan Latihan Santri Siap Guna Terhadap Religiusitas pada Santri Daarut Tauhiid [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Fitri, F. I. (2019). Aktivitas Santri Mengikuti Program Kegiatan Santri Siap Guna (SSG) Hubungannya dengan Akhlak Mereka Terhadap Allah. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Kamil, M. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Alfabeta.

Nurjanah, T. (2017). Pembentukan Karakter Baik dan Kuat dan Perubahan Perilaku SosialSantri Melalui Program Santri Siap Guna: Studi di Daarut Tauhid [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Pondok Pesantren Daarut Tauhid. (2021, Oktober). Profil Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung. https://www.daaruttauhiid.org/profil-daarut-tauhiid/

Purwasih, A. (2019). Penanaman Nilai Karakter Baik dan Kuat Pada Santri Siap Guna Pondok Pesantren Daarut Tauhid. Sosietas: Jurnal Pendidikan Soosiologi, 9(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v9i2.22821

Sakinah, K., Zulkarnaen, F., & Sadiah, D. (2016). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Satri Siap Guna dalam Membentuk Karakter Santri BAKU. Jurnal Manajemen Dakwah, 1(3).

Sofa, R. N. N. M., Amrin, A. M., & Syaufina, D. (2020). Inovasi Program Kekinian Santri Siap Guna dalam Menghadang Radikalisme Terhadap Generasi Muda. Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 6(1).