Analisis Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Main Article Content

Carleton Orlando
Iwan Asmadi
Bambang Haryono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh rasio likuditas dan rasio profitabilitas terhadap kinerja keuanagan pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa (BEI). Rasio likuiditas diukur dengan menggunakan indikator Quick Ratio (QR), rasio profitabilitas diukur dengan menggunakan Return on Asset (ROA), kinerja keuanagan diukur menggunakan Return On Equity (ROE). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan selama periode waktu tertentu pada perusahaan perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil survei menunjukkan bahwa rasio likuditas yang diwakili oleh QR, serta rasio profitabilitas yang diwakili oleh ROA mempunyai pengaruh yang positif terhadap kinerja keuangan. Dengan kata lain, semakin baik likuditas dan profitabilitas suatu perusahaan maka semakin bagus kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajer dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan likuditas dan profitabilitas untuk meningkatkan kinerja keuanagan. Hasil survei ini juga dapat menjadi acuan bagi investor dalam menilai kinerja perusahaan dan potensi masa depan sebelum berinvestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Orlando, C., Asmadi, I., & Haryono, B. (2024). Analisis Rasio Likuiditas dan Rasio Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 3988–3997. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.4134
Section
Articles

References

Bentoel Group. (n.d.). Laporan Keuangan Tahunan PT. Bantoel Intenasional Investama.

Philip Morris Products S.A. (n.d.). Laporan Keuangan Tahunan PT. Hanjaya Madala Sampoerna.

PT. Gudang Garam Tbk. (2018). Laporan Keuangan Keuangan PT. Gudang Garam.

Wismilak Group. (2018). Laporan Keuangan Tahunan PT. Wismilak Inti Makmur.

Dairo, O. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Pada Industri Rokok Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesiatahun 2016-2019.

Nisa, N. C. (2015). Analisis Rasio Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Rokok.

Niswa, S. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Rokok Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020.

Prayoga, E. (2017). Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Subsektor Rokok Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2015).

Rahayu, N. (2021). Analisis Kinerja Keuanagan. Suci, P. K. (2019). Analisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas Dan Rasio Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017.