Penerapan Model Pendidikan Holistik Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa TK Amalia Palembang

Authors

  • Nita Susanti UIN Raden Fatah Palembang
  • Win Afgani UIN Raden Fatah Palembang
  • Nyimas Atika UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pendidikan Holistik Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa TK Amalia Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena karakter merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi anak usia dini karena hal tersebut menjadi salah satu penentu perilaku  mereka di masa depan, dan juga dari hasil pengamatan peneliti masih menemukan siswa yang belum mencerminkan karakter religius sesuai dengan tingkat perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan holistic dalam mengembangkan karakter religius dan mengetahui factor-faktor pendukung dan penghambat diterapkannya pendidikan holistic berbasis pengembangan karakter religius siswa di TK Amalia Palembang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan : (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan holistik dalam mengembangkan karakter religius diterapkan dalam beberapa komponen yaitu melalui perencanaan yang meliputi tujuan pembelajaran, materi kegiatan, pemilihan metode, pemilihan media. Kemudian pelaksanaan dalam penanaman karakter meliputi kegiatan pilar karakter cinta Tuhan dan ciptaan-Nya, kegiatan sholat berjamaah, kunjungan edukasi, doa sebelum dan sesudah belajar, melaksanakan kegiatan dihari besar Islam, kegiatan manasik haji, kegiatan mencuci tangan dan berdoa sebelum makan, serta kegiatan lomba. Yang terakhir penilaian yaitu melalui tanya jawab, pemberian tugas kemudian menggunakan rubric penilaian. Komponen tersebut dirancang agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan agar siswa dapat mengenal, memahami, menghayati materi yang disampaikan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmasari, Dessy. (2016). Internalisasi 9 Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jawa Tengah : Pustaka Senja.

Megawangi, Ratna. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta : Indonesia Heritage Foundation.

Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, jakarta: Bumi Aksara.

Yuliana, Niya, dkk (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. Edi Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 15-24

Sari, Juwita Puspita, dan Sobar Al Ghazal. (2018). Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di Sekolah Dasar Tunas Insan Mulia Kota Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 4(2), 212.

Sahlan, Asmaun. (2012). Relegiusitas Perguruan Tinggi : Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan Di Perguruan Tinggi Isla. Malang: UIN-Maliki Press.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-02-08

How to Cite

Nita Susanti, Win Afgani, & Nyimas Atika. (2022). Penerapan Model Pendidikan Holistik Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa TK Amalia Palembang. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 482–488. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/120

Issue

Section

Articles