Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Karakteristik individu, Dan Motivasi kerja Terhadap Kinerja Karyawan OP SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas

Authors

  • Ahmad Anwar Mudzakkir Azmi
  • Sumartik

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i2.1347

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan, Karakteristik Individu dan Motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada OPSDA IV Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. Penelitian ini berdasarkan permasalahan sumber daya manusia yang dipengaruhi oleh kualitas kerja seseorang dengan diindikasikannya sebagai permasalahan yang ada dapat menurunkan kepuasan kerja bagi perusahaan, hal tersebut dapat dilihat dari permasalah yang sering muncul pada karyawan yaitu karyawan belum merasa puas terhadap kinerja pekerjaan yang dilakukan saat ini. Dalam metode penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Sampel yang digunakan sebanyak 55  responden dilakukan di OP SDA IV Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. Alat analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 22.0 for windows. Data primer penelitian ini diperoleh dari kuesioner dengan adanya pengukuran skala likert menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Gaya Kepemimpinan, Karakteristik Individu, Motivasi Kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan. Gaya Kepemimpinan berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Karyawan. Karakteristik Individu berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja Karyawan. Variabel Gaya Kepemimpinan sebagai variabel paling signifikan diantara variabel Karakteristik Individu dan Motivasi Kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke - VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ma’ruf, & Chair Ummul. (2020) . Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Nirha Jaya Tehnik Makassar. Jurnal Brand, Vol 2 (1), ISSN : 2715-4920.

Monica Meslin Simanjuntak dan Hazriyanto, (2019). Pengaruh Karakteristik Individu, Gaya Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bima Buana Batam. Jurnal System Khazanah Ilmu Berazam.

Resa Almustofa (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Universitas Diponegoro

Tampubolon, Rikson Pandapotan. (2018). Pengaruh gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pematangsiantar. JIM UPB, 6(1), 89-91.

Veithzal Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.

Zainal, Veithzal Rivai, dkk. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Depok. PT. Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Ahmad Anwar Mudzakkir Azmi, & Sumartik. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Karakteristik individu, Dan Motivasi kerja Terhadap Kinerja Karyawan OP SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 876–886. https://doi.org/10.56799/jim.v2i2.1347

Issue

Section

Articles