Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka dalam Menyimpulkan Isi Berita yang Dibaca

Main Article Content

Jumriah Jumriah

Abstract

Suatu pembelajaran menyimpulkan isi berita yang mempunyai hubungan untuk disatukan dalam kegiatan pembelajaran. Masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka dalam Menyimpulkan Isi Berita yang Dibaca?”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka dalam menyimpulkan isi berita yang dibaca. Manfaat secara teoretis dan secara praktis, Jenis penelitian ini adalah lapangan. Metode penelitian ini adalah evaluasi. Penelitian ini dimulai sejak dikeluarkannya izin penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka, terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 120 siswa. Responden penelitian ini sebanyak 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Aspek yang dinilai yaitu penggunaan struktur kalimat, keberanian dan sikap, dan kelancaran. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, dalam pendeskripsian dilakukan teknik persentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan sebanyak 36 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka yang dijadikan sampel, terdapat 30 siswa atau 83,3%  mampu dalam menyimpulkan isi berita yang dibaca dan 6 siswa atau 16,7% tidak mampu menyimpulkan isi berita yang dibaca. Tiga aspek yang diukur, mengenai kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka menunjukkan aspek kelancaran pada persentase tertinggi yaitu sebesar 84%, diikuti aspek keberanian dan sikap sebesar 78%, dan aspek penggunaan struktur kalimat sebesar 69,4%. Dengan demikian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka memiliki kemampuan sebesar 77% dalam menyimpulkan isi berita yang dibaca.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jumriah, J. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka dalam Menyimpulkan Isi Berita yang Dibaca. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1461–1474. https://doi.org/10.56799/jim.v2i4.1450
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dja’far, Assegaf. 2008. Jurnalistik Masa Kini. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fatimah, Andi. 2017. Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Rakyat Soppeng dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Husaini, Usman. 2009. Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jimran. 2014. Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Melalui Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas VII A MTs Muhammadiyah 02 Tulakan Kabupaten Pacitan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Junaedi, Fajar. 2015. Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kalimudin dkk. 2019. Kemampuan Menyimpulkan Isi Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka Kabupaten Muna Barat. Jurnal: BASTRA (Bahasa dan Sastra). 4 (2). hlm 235-250.

Kantun, Sri. 2011. Penelitian Evaluatif sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Jawa Timur: Universitas Jamber.

Kemendikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Idonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lesi Agustina Anggeraini. 2014. Penerapan Metode Quantum Catat Tulis Susun dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII H SMP N 11 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Listyaningrum, Indah 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita dengan Media Ritatoon pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi Japanan I Cawas Klaten. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhadi. 2005. Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurhasanah dan Didik Tumianta. 2007. Kamus Besar Bergambar Bahasa Indonesia untuk SD dan SMP. Jakarta: Bina Sarana Pustaka.

Purwanitaninggrum, Emy, dkk. 2013. Membaca Cepat untuk menyimpulkan Isi Bacaan Menggunakan Teknik Tayang Kilas dengan Media Film Terjemahan. http://journal.unnes.ac.id/sju/indeks.php/jpbsi diunduh pada tanggal 12 Desember 2018.

Romli, Khomsahrial. 2014. Komunikasi Organisasi, Edisi Revisi. Jakarta: PT Grasindo.

Sadhono, Khuddaru dan St. Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Santosa, Puji dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sedia, Barus Willing. 2010. Jurnalistik Petunjuk Teknis Menulis Berita . Jakarta: Erlangga.

Sudarman. 2008. Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumadiria. As. Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.