Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Penggunaan Antibiotik di Kelurahan Watesalit Batang

Authors

  • Khusnul Khotimah Universitas Pekalongan
  • Ekanita Desiani Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v2i6.1675

Keywords:

Antibiotik, Tingkat Pengetahuan

Abstract

Antibiotik merupakan obat yang banyak digunakan  pada infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Penggunaan antibiotik akan memberikan efek yang baik bila diresepkan dan dikonsumsi sesuai dengan aturan. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menurunkan efektivitas antibiotik yang akan menyebabkan resiko buruk seperti resistensi antibiotik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang penggunaan antibiotik di Kelurahan Watesalit Kabupaten Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif menggunakan kuisioner yang telah di validasi. kepada sampel dari populasi masyarakat Kelurahan Watesalit Batang menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner berisi beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh responden yang memenuhi kriteria inklusi yaitu responden berusia 18-60 tahun, pernah menggunakan antibiotik, serta berdomisili di Kelurahan Watesalit Kabupaten Batang. Hasil penelitian dipresentasikan dalam bentuk persentase dan dideskripsikan tiap pertanyaan. Pada penelitian ini diperoleh 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan rentang usia 18-25 tahun menjadi responden terbanyak (46%). Pada penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang antibiotik di Kelurahan Watesalit Batang ialah sebesar 62% yang termasuk dalam kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A . Wawan dan Dewi, 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia, Yogyakarta : Nuha Medika.

Ady Restiyono, 2016. Analisis faktor yang Berpengaruh dalam Swamedikasi Antibiotik pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 11 No. 1.

Anggita Afrida, 2018. Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Penggunaan Antibiotik di Dusun Nampan Bumirejo Mungkid. Magelang : Universitas Muhammadiyah Magelang.

Anggita, D., Nuraisyah, S., & Wiriansya, E. P. (2022). Mekanisme Kerja Antibiotik. UMI Medical Journal, 7(1), 46–58.

Badan Pusat Stastistik of Batang Regency, 2018.

Budiman, & Riyanto, A. (2014). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Khotimah, K., & Desiani, E. (2023). Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Penggunaan Antibiotik di Kelurahan Watesalit Batang. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 2604–2614. https://doi.org/10.56799/jim.v2i6.1675

Issue

Section

Articles