Penentuan Harga Saham Tipe Eropa Menggunakan Model Black Scholes Dengan Pembagian Dividen

Authors

  • Agustini Tripena Universitas Jenderal Soedirman
  • Yulia Marini Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.56799/jim.v3i2.2801

Keywords:

Proses Stokastik, Opsi, Saham tipe Eropa, Black Scholes, Dividen, Constant Market dan Continous Market

Abstract

Perkembangan dunia investasi semakin banyak diminati, para investor berinvestasi untuk mencari keuntungan, tetapi dalam investasi tentu terdapat resiko. Resiko  terjadi akibat pergerakan saham yang naik turun. Proses pergerakan harga saham yang naik turun secara acak dan tidak pasti, disebut dengan proses stokastik. Pergerakan saham ini investor memiliki hak untuk memilih opsi. Opsi adalah suatu bentuk perjanjian atau investasi berupa kontrak yang memberikan pemegang opsi suatu hak untuk membeli atau menjual aset tertentu dengan harga dan pada jangka waktu tertentu. Ada 2 macam opsi yaitu opsi jual dan opsi beli. Perhitungan opsi ini salah satunya menggunakan model Black Scholes. Namun, pada model ini hanya dapat digunakan untuk saham tipe Eropa saja, serta terdapat asumsi tidak adanya pembagian dividen. Hal ini menjadi suatu kekurangan dalam menentukan perhitungan saham dengan model Black Scholes, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model Black Scholes dengan adanya pembagian dividen. Perhitungan saham tipe eropa menggunakan model ini akan diaplikasikan pada PT Indofood Sukses Makmur (INDF) tbk terhitung selama 1 tahun dari Januari – Desember 2020. Data tersebut didapatkan dari web Investing.com Hasil kajiannya berupa model Black Scholes untuk opsi jual dan opsi beli serta perhitungannya berupa bilangan harga wajar opsi pada saat keadaan Constant Market dan Continous Market.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Black, F. (1973). The Pricing of Options and Corporate Liabilities .Journal of Political Economy. (81), 637-654.

Fusion Media Limited, (2007-2021). Investing.com. [Online] Available at: https://www.investing.com [Accessed 24 Februari 2021].

Haberman, R. (1987). Elementary Applied Partial Differential Equation with Fourier Series and Boundary Value Problem, New Jersey: Prentice-Hall.

Hull, J.C. (2009). Options,Futures, And Other Derivatives, 7 th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Kanniainen, J. (2007). On Dividend Expectation and Stock Return Volatility, International Research Journal of Finance and Economics. No. 12, pp. 166-127.

Riaman, dkk. (2018). Penentuan Harga Wajar Opsi Beli Tipe Eropa dengan Pembagian Dividen Menggunakan Model Black-Scholes. Prosiding SNMPM II, pp. 1-10.

Ruey, S. T. (2000). Analysis of Financial Time Series. John Wiley and Sons. USA

Samuelson, Paul A. & William, D. (1992). Nordhaus, Economics, 12th Ed, Mc. Graw Hill, International Book Company,.

Sharpe, W. F., Alexander, G. J., & Bailey, J. (1995). Investments Prentice Hall. Englewood Cliffs, New Jersey, 7632.

Susanti, D. & Devianto, D. (2014). Penurunan Model Black Scholes dengan Persamaan Diferensial Stokastik untuk Opsi Tipe Eropa. Jurnal Matematika UNAND, Volume 3, pp. 17-26.

Tandelilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Widyawati, N. S. (2013). Penggunaan Model Black Scholes untuk Penentuan Harga Opsi Jual Tipe Eropa. Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapannya (Bimaster), pp. 13-20.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Tripena, A., & Marini, Y. (2024). Penentuan Harga Saham Tipe Eropa Menggunakan Model Black Scholes Dengan Pembagian Dividen. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 351–366. https://doi.org/10.56799/jim.v3i2.2801

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)